Taman Nasional Taka Bonerate Selayar Terapkan Sistem Online, Begini Maksudnya

Secara umum aplikasi tersebut digunakan sebagai alat bantu manajemen data dan informasi,

Taman Nasional Taka Bonerate Selayar Terapkan Sistem Online, Begini Maksudnya
nurwahidah/tribunselayar.com
Suasana sosialisasi dan bimbingan teknis operasional aplikasi secara menyeluruh Simata Taka kepada petugas lapangan dan staf Balai TNTBR di Jl Supratman, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepualaun Selayar, Sulawesi Selatan ( Sulsel) Senin (21/5/2018). 

Laporan Wartawan  TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR) Selayar, Faat Rudhianto membuka sosialisasi dan bimbingan teknis operasional aplikasi secara menyeluruh Sistem Manajemen Data Taman Nasional Taka Bonerate (Simata Taka) ke petugas lapangan dan staf Balai TNTBR.

Berlangsung di Aula Balai TNTBR, Jl S. Supratman, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepualaun Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (21/5/2018).

Faat Rudhianto mengatakan, kedepan data dan informasi lapangan, persuratan, permohonan surat izin masuk kawasan akan berbasis online dan akan disajikan dalam satu aplikasi untuk diakses oleh masyarakat secara luas, mudah dan terbuka.

Ada sembilan item utama yang akan diisi oleh petugas lapangan (pelapor) diaplikasi android Simata Taka. Diantaranya gangguan kawasan, koordinasi, dan pelayanan pengunjung.

"Sistem ini dibagi menjadi beberapa konten seperti sistem room, sistem monitoring online, E-Simaksi, aplikasi tata persuratan dan data based online," kata Faat.

Menurutnya, sistem atau aplikasi ini dapat dioperasikan untuk OS Windows dan Android. Secara umum aplikasi tersebut digunakan sebagai alat bantu manajemen data dan informasi,

"Sehingga dapat lebih memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan. Aplikasi ini dibangun oleh pihak Gamma Media Solusindo, salah satu konsultan IT terkenal dari Jawa Tengah,

"Diharapkan dengan terbangunnya sistem manajemen data berbasis online ini, dapat mempermudah rekapitulasi data series dan pengelolaan Balai TN. Taka Bonerate kedepan makin baik," tuturnya.

Penulis: Nurwahidah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help