Dana Bergulir Pertamina Siap Dikucurkan ke UKM, Segini Pinjaman Disediakan

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) bagi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) milik PT Pertamina (Persero)

Dana Bergulir Pertamina Siap Dikucurkan ke UKM, Segini Pinjaman Disediakan
sanovra/tribuntimur.com
General Manager MOR VII Pertamina Tengku Fernanda mengecek kesiapan Pertamina MOR VII menghadapi bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1439 H di SPBU Jl Ratulangi, Makassar, Senin (14/5). Pertamina MOR VII menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) untuk mengantisipasi lonjakan permintaan selama bulan suci Ramadan dan hari Raya Idulfitri 1439 H dan memastikan ketersedian pasokan BBM dan Elpiji untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pertamina Persero Tbk kembali mengucurkan dana bergulir bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) pada 2018 ini.

Khusus Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi, ada sekitar Rp 10 miliar dana bergulir yang akan di salurkan.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII Sulawesi, Roby Hervindo, via WhatsApp, Jumat (18/5/2018) menuturkan, Pertamina tidak hanya melakukan program kemitraan dengan BUMN saja tetapi juga membuka peluang bagi masyarakat pemilik UKM untuk mengembangkan usaha mereka.

"Kami siap mendukung pinjaman permodalan bagi UKM maksimal per Rp 200 juta," kata Roby.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) bagi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) milik PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII yang telah diluncurkan sejak dua bulan lalu. Dan secara umum sejak 1993 telah dilakukan.

Berkaca dari tahun sebelumnya, total pinjaman tidak dibagi per provinsi. Tergantung proposal pengajuan dari UKM mana yang lolos kriteria.

"Namun sebagau gambaran, tahun lalu realisasi dana UKM Rp 8 miliar. Dari situ, sekitar 60 persen terserap di Sulsel," katanya.

Lalu apa persayaratannya? "Persyaratannya minimal UKM sudah berdiri/berjalan 6 bulan sudah bisa mengajukan pinjaman modal ke Pertamina," ujarnya.

Secara umum pengajuan dana bergulir, dimulai dengan pengajuan proposal pinjaman dengan mengisi formulir.
Setelah diterima, proposal akan diricek melalui survey lapangan.

"Nah Dari hasil survey lapangan, ditentukan apakah proposal pinjaman disetujui apa tidak. Jika disetujui, maka dana ditransfer," katanya.

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved