Ramadan 1439 H

Ini Tata Cara dan Bacaan Lengkap Niat Puasa, Salat Tarawih, Salat Witir dan Doa Buka Puasa

Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menetapkan bahwa 1 Ramadan 1439 Hijriah

Ini Tata Cara dan Bacaan Lengkap Niat Puasa, Salat Tarawih, Salat Witir dan Doa Buka Puasa
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Ketua MUI Sulsel AGH Sanusi Baco, menjadi khatib pada tarwih perdana Masjid Raya 

TRIBUN-TIMUR.COM-- Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menetapkan bahwa 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis (17/5/2018).

Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

"Kami tetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018," kata Lukman, saat memberikan keterangan pers, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Ketetapan pemerintah dari hasil sidang isbat ini sama dengan keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang menetapkan 1 Ramadan juga jatuh pada Kamis (17/5/2018).

Itu artinya, puasa Ramadan di Indonesia bersamaan dimulainya.

Menurut Lukman, kesepakatan sidang isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan laporan petugas tersumpah di lapangan yang melihat hilal dari 95 titik.

Berdasarkan penetapan awal puasa ini, maka umat Islam di Indonesia mulai melakukan salat tarawih pada Rabu (16/5/2017) besok malam.

Kemudian, puasa pertama dilakukan pada Kamis.

Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku pemerintah dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan.

Niat Puasa Ramadan

Halaman
1234
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved