VIDEO ON DEMAND

VIDEO: Tim Monitoring Balai TNTBR Melakukan Transplantasi Karang di Pulau Jinato Selayar

Persentase pertumbuhan karang hasil Transplantasi tahun lalu sudah mulai tumbuh dengan sehat dan baik.

Laporan Wartawan  TribunSelayar.com,  Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, TAKA BONERATE-Tim monitoring Balai Taman Nasional Taka Bonerate  melakukan Transplantasi karang di Pulau Jinato, Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepualuan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tim monitoring terdiri dari jabatan fungsional Pengendali Ekosistem, Staf Lapangan dan Masyarakat.

Persentase pertumbuhan karang hasil Transplantasi tahun lalu sudah mulai tumbuh dengan sehat dan baik.

Hal tersebut di kemukakan oleh Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate Faat Rudhianto melalui telepon kepada TribunSelayar.com, Selasa (15/5/2018).

"Hasil kesimpulan terakhir persentase Tumbuh mencapai 95 porsen dari 300 rangka. Asosiasi biota yang disekitar rehabilitasi ini makin bervariasi dan jumlahnya banyak," kata Faat.

Ia menambahkan penempatan rangka Transplantasi Karang ini merupakan daerah pemulihan habitat (rehabilitasi) yang nantinya akan dituangkan didalam rezonasi kedepan.

Menurutnya selain mengukur tingkat persentase tumbuh, tim juga menyulam (mengganti) karang yang mati dan membersihkan rangka dari kotoran yang menempel di media rangka maupun di karang.

Sementara itu Kepala SPTN Wilayah II Jinato Abd. Rajab menambahkan bahwa langkah selanjutnya Balai Taman Nasional Taka Bonerate tahun ini akan menambah jumlah rangka Transplantasi sebanyak 300 rangka dengan asumsi yang akan terehabilitasi seluas 600 meter persegi.(*)

Penulis: Nurwahidah
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help