Home »

Barru

PT Indonesia Power UJP PLTU Balusu Serahkan CSR ke Kelompok Usaha Anuta Karya

Kelompok usaha Anuta Karya juga sebelumnya sudah membuat telur asin dan telah dipasarkan.

PT Indonesia Power UJP PLTU Balusu Serahkan CSR ke Kelompok Usaha Anuta Karya
akbar hs/tribunbarru.com
PT Indonesia Power UJP PLTU Balusu menyerahkan bantuan kepada kelompok usaha Anuta Karya di Dusun Bawasalo, Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Selasa (15/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - PT Indonesia Power UJP PLTU Balusu menyerahkan bantuan kepada kelompok usaha Anuta Karya di Dusun Bawasalo, Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Selasa (15/5/2018).

Bantuan yang diserahkan kepada kelompok usaha yang dijalankan ibu-ibu itu yakni berupa perlengkapan pembuatan makanan kacang-kacangan dan kerupuk, seperti mikser, mesin penggiling, wajan, kompor serta bahan baku.

Ahli Muda CSR Humas dan Keamanan PT Indonesia Power UJP PLTU Balusu, Dede Mulyana mengatakan, penyerahan bantuan tersebut dalam rangka pemberdayaan masyarakat yang tinggal di sekitar kantor PLTU Balusu.

"Seminimal mungkin program CSR-nya kita lebih kepada pemberdayaan. Karena dengan pemberdayaan itu bisa continue (berkelanjutan). Bantuan yang kami berikan pun disesuaikan dengan potensi atau keahlian yang dimiliki oleh warga sekitar PLTU Balusu," katanya.

Baca: Telkomsel Salurkan Donasi CSR di Masjid Agung Praya Lombok Tengah

Baca: CSR Semen Tonasa Serahkan Bantuan Beasiswa Bagi Pelajar Ambon

Dede menyebutkan, ada beberapa makanan yang dibuat kelompok usaha Anuta Karya Bawasalo dari hasil kreasinya, antara lain kerupuk bawang, kacang langkose dan kacang disko.

"Selain itu, kelompok usaha Anuta Karya juga sebelumnya sudah membuat telur asin dan telah dipasarkan. Sementara untuk tiga jenis makanan tadi seperti kerupuk bawang dan kacang-kacangan baru hari ini mulai dibuat, itu inovasi baru dari warga kelompok usaha Anuta Karya Bawasalo," ujarnya.

Hasil dari kreasi makanan buatan dari warga kelompok Usaha Anuta Karya tersebut, lanjut Dede, akan dipasarkan dengan beberapa cara. Di antaranya melalui Media Sosial (Medsos) dan pemasaran lewat bantuan aparat pemerintahan setempat.

"Warga di sini cukup membuat saja makanannya. Nanti kami dari CSR PLTU Balusu akan berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat untuk pemasarannya. Bahkan makanan tersebut juga akan kami serap di koperasi PLTU dan dipromosikan juga lewat media sosial," ucap Pria berkacamata itu.

Ia menambahkan, dengan bantuan yang diberikan diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

"Lewat bantuan ini yah kita berharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar PLTU Balusu, karena untuk membantu bekerja di PLTU sendiri itu terbatas, maka lewat pemberdayaan ini kita harapkan bisa menambah perekonomian warga di sini (Bawasalo)," katanya.

Sementara itu, SPS Administrasi Humas PLTU Balusu Rahmat Kamaruddin, yang juga hadir menyerahkan bantuan itu berpesan kepada kelompok usaha Anuta Karya, agar terus membuan makanan inovasi baru sehingga usaha yang dimilikinya dapat berkelanjutan.

"Kami dari PLTU Balusu akan terus mengakomodir dan membantu kalian mulai proses produksi hingga pemasaran. Oleh karena itu teruslah bersemangat, buat inovasi-inovasi olahan makanan baru, agar kegiatan dari kelompok usaha Anuta Karya ini terus berkelanjutan dan nilai perokonomian warga setempat pun dapat meningkat," tuturnya.

Pantauan TribunBarru.com, sebelum penyerahan bantuan dilakukan, kelompok usaha Anuta Karya Bawasalo tampak sedang membuat olahan makanan. Mereka terlihat kompak dan bersemangat saat membuat makanan tersebut.

Hasil kreasinya seperti kacang langkose, kacang disko dan kerupuk bawang buatannya pun langsung dipamerkan di hadapan CSR PT Indonesia Power UJP PLTU Balusu.(*)

Penulis: Akbar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help