Ini Doa Menyambut Ramadan yang Dilakukan Sahabat Rasulullah

Proses sidang itsbat dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Ini Doa Menyambut Ramadan yang Dilakukan Sahabat Rasulullah
rumaysho.com
Ilustrasi berdoa 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadlan 1439H/2018M pada 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 Provinsi di Indonesia, Selasa (15/5/2018) sore

"Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1439H," terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) A Juraidi di Jakarta.

Menurutnya, sidang itsbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Baca: Begini Persiapan Pengurus Masjid Baburrahma Kulinjang Enrekang Sambut Ramadan

Baca: Ini Kata-kata Mutiara Menyambut Ramadan Bahasa Inggris Terbaru, Lengkap dengan Artinya

"Sidang itsbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," ujarnya.

Proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1439H.

Baca: Bukannya Berduka, Kepala Sekolah Ini Justru Lecehkan Korban Bom Surabaya, Petaka Datang Seketika

Baca: INNALILLAHI! Pelawak Gogon Srimulat Meninggal Dunia, Sempat Mengeluhkan Hal Ini

Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

"Sidangnya tertutup, sebagaimana itsbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang," sambungnya.

Baca: 5 Aksi Bom Bunuh Diri di Surabaya, 25 Orang Tewas dan 57 Luka, Ini Rinciannya

Baca: Baru Sepekan Dihotmix , Jalan Aspal di Puncak Sinjai Mulai Rusak Terbawa Arus Banjir Bandang

Doa menyambut Ramadan

Apakah ada doa khusus dalam menyambut Ramadan?

Berikut penjelasan Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasisyariah.com), dilansir dari Konsultasisyariah.com) menjawab pertanyaan seorang netizen.

Baca: Harga Ayam Potong Naik Jelang Ramadan, Pedagang di Jeneponto Mulai Keluhkan Sepinya Pembeli

Baca: Ikut Aksi Bom Bunuh Diri Bersama Ortu, Anak Perempuan Ini Selamat, Mukjizat? Ada Videonya

Halaman
1234
Penulis: Sakinah Sudin
Editor: Sakinah Sudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help