Hujan di Musim Kemarau, Ini Penjelasan BMKG Sulsel

Awan konventif terbentuk karena terjadi pemanasan matahari yang kuat yang mencapai permukaan.

Hujan di Musim Kemarau, Ini Penjelasan BMKG Sulsel
sanovra/tribuntimur.com
Pengendara melintasi genangan air di Jl Emy Saelan, Makassar. 

Laporan wartawan Tribun Timur, Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Meski telah memasuki musim kemarau, wilayah Makassar dan sekitarnya masih diguyur hujan deras dengan intensitas ringan hingga sedang beberapa hari terakhir.

Menurut Kepala Bidang Sub Pelayanan Jasa Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika wilayah IV Makassar, Siswanto, fenomena ini terjadi karena dampak dari perubahan iklim yang menimpa daerah kita.

"Memang saat ini wilayah barat Sulsel dalam kondisi musim kemarau akan tetapi, memang hujan masi ada potensi terus terjadi, disebabkan adanya konvektif yang cukup kuat di wilayah timur Sulsel. Sehingga wilayah barat sulsel pun kita masih mendapat distribusi hujan," ujarnya.

Siswanto memperkirakan hujan dimusim kemarau masih akan berlangsung hingga memasuki bulan Ramadan atau puasa karena adanya awan konvektif lokal di wilayah kita tetap tidak merata.

Baca: VIDEO: Lihat Perjuangan Bidan Sinjai Selatan Selamatkan Ibu Melahirkan di Kampung Terpencil

Awan konventif terbentuk karena terjadi pemanasan matahari yang kuat yang mencapai permukaan, baik daratan maupun badan-badan air seperti laut, sungai atau lainya.

Sehingga pemanasan tersebut menimbulkan terjadinya penguapan dan bila uap air telah mencapai kejenuhan maka terbentuklah awan.

Adapun untuk kondisi cuaca Rabu (16/05/2018) besok, pada pagi hari diprekdisi berawan dan berpotensi hujan ringan untuk di wilayah Watampone, Sinjai, Pinrang, Enrekang, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar.

Baca: VIDEO: Cuaca Buruk, Begini Kondisi Perairan Pulau Sembilan Sinjai

Siang dan sore hari masih berawan an berpotensi hujan ringan di wilayah Watampone, Sinjai, Masamba, Malili, Enrekang, Bulukumba.

Kemudian malam hari juga tetap berawan. Kecuali berpotensi di wilayah Makassar, Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Sengkang, Watansoppeng, Watampone, Sinjai, Enrekang, Palopo, Belopa, Masamba, Malili berpotensi diguyur hujan. (San)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help