Home »

Bone

Buat Pengurus Masjid di Bone, Ini Imbauan Andi Bakti Haruni Selama Ramadan

Hal ini dimaksudkan agar para jamaah yang Salat Tarawih 8 rakaat juga dapat Salat Witir berjamaah di masjid.

Buat Pengurus Masjid di Bone, Ini Imbauan Andi Bakti Haruni Selama Ramadan
justang/tribunbone.com
Andi Bakti Haruni 

Laporan Wartawan TribuBone.com, Justang Muh

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG - Penjabat (Pj) Bupati Bone, Andi Bakti Haruni mengeluarkan imbauan kepada segenap masyarakat Kabupaten Bone dalam rangka bulan suci Ramadan 1439 Hijriah.

Maklumat itu berdasarkan hasil rapat pemerintah Daerah Kabupaten Bone dengan Kementerian Agama Kabupaten Bone tentang Pelaksanaan Tata Tertib waktu Shalat selama memasuki Bulan Suci Ramadhan 1439 H/2018 M.

"Penetapan 1 Ramadhan 1439 H/2018 M menunggu pengumuman resmi dari pemerintah Pusat," kata Andi Bakti dalam maklumatnya diterima tribunbone.com, Selasa (15/5/2018).

"Mari kita menghormati dan menghargai Bulan Suci Ramadan melalui pelaksanaan ibadah puasa, ibadah Salat Tarawih, Tadarus Alquran, zakat, infaq, sadaqah, buka puasa bersama, berpakaian menutup aurat utamanya wanita muslimah dan kegiatan ibadah lainnya," imbaunya.

Baca: Selama Ramadan, Dollah Mando Tetap Lakukan Ini

Baca: Mau Stamina Tetap Terjaga Saat Puasa? Simak Tips Ala Wabup Pinrang Ini

Ia juga telah mengeluarkan maklumat kepada para pengurus masjid yang ada di Kabupaten Bone. Ia mengimbau agar azan Salat Isya dikumandangkan paling cepat pukul 19.30 Wita.

Hal itu dimaksudkan untuk memberikan waktu yang cukup bagi umat muslim yang telah melaksanakan buka puasa.

Selain itu, bagi masjid yang melaksanakan Salat Tarawih 20 rakaat diharapkan agar menyiapkan imam khusus Shalat Witir bagi jamaah yang melaksanakan Salat Tarawih 8 rakaat.

Hal ini dimaksudkan agar para jamaah yang Salat Tarawih 8 rakaat juga dapat Salat Witir berjamaah di masjid.

Ia juga menghimbau kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Bone agar melaksanakan salat berjamaah tepat waktu di masjid atau musalla di lingkungan sekitarnya serta menghentikan segala aktivitas sekitar 15 menit sebelum waktu shalat tiba.

Adapun maklumat lainnya Pj Bupati Bone ditujukan kepada pemilik warung, kios, kantin, restoran, tempat hiburan agar tidak membuka dan tidak menyediakan makanan dan minuman untuk umum di siang hari selama Ramadan.

"Kepada pemilik tempat hiburan dan sejenisnya agar tidak melaksanakan kegiatan mulai dua hari sebelum Bulan Suci Ramadan sampai lima hari sesudah lebaran Idulfitri," tuturnya.(*)

Penulis: Justang Muhammad
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help