Hamparan Laut dan Sabana dari Bukit Teletubbies Pulau Tambolongan Selayar

hamparan pohon kelapa dari perkebunan warga di pesisir pantai bisa menjadi spot latar swafoto yang menarik

Hamparan Laut dan Sabana dari Bukit Teletubbies Pulau Tambolongan Selayar - bukit-teletubbies-tambolongan-selayar_20180514_203358.jpg
Bukit Teletubbies di Dusun Manyeppe, Desa Tambolongan, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis (10/5/2018)
Hamparan Laut dan Sabana dari Bukit Teletubbies Pulau Tambolongan Selayar - bukit-teletubbies-tambolongan-selayar-2_20180514_203532.jpg
Bukit Teletubbies Tambolongan Selayar

TAK lengkap rasanya berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Selayar bila belum menyambangi salah satu destinasi alam yang menawarkan pesona alam yang memukau di Bukit Teletubbies yang berlokasi Pulau Tambolongan, Dusun Manyeppe, Desa Tambolongan, Kecamatan Bontosikuyu.

Bukit Teletubbies Tambolongan Selayar
Bukit Teletubbies Tambolongan Selayar ()

Bukit Teletubbies ala Selayar ini memiliki daya tarik wisata berupa panorama lautan dan perbukitan hijau yang indah dipandang mata.

Sebutan bukit “Teletubbies” di sejumlah destinasi wisata alam saat ini lebih bermakna sebagai sebuah perbukitan yang ditumbuhi rerumputan hijau dengan sedikit pepohonan.

Perbukitan tersebut menyerupai latar lokasi film “Teletubbies” yang pernah populer di stasiun televisi swasta di Indonesia.

Hamparan rerumputan, pepohonan hijau, dan perkebunan pohon kelapa, terlihat dari puncak Bukit Teletubbies Pulau Tambolongan Selayar
Hamparan rerumputan, pepohonan hijau, dan perkebunan pohon kelapa, terlihat dari puncak Bukit Teletubbies Pulau Tambolongan Selayar ()

Umumnya perbukitan atau daerah yang memiliki padang atau hamparan rumput namun tetap ditumbuhi semak, tumbuhan perdu lainnya, dengan beberapa jenis pohon, di daerah tropis disebut sebagai padang sabana atau savana.

Nah, untuk menjangkau Bukit Teletubbies di Pulau Tambolongan ini jika dari Desa Appatanah, Kecamatan Bontosikuyu bisa menggunakan perahu bermesin dari Dermaga Appatanah dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Bukit Teletubbies Tambolongan Selayar 5
Bukit Teletubbies Tambolongan Selayar 5 ()

Desa Appatanah adalah salah satu desa di wilayah Kecamatan Bontosikuyu, kecamatan yang berada di ujung atau kaki pulau besar Selayar yang berjarak sekitar 46 kilometer dari Benteng, ibu kota Kabupaten Selayar.

Perjalanan darat menggunakan kendaraan dari Benteng ke desa ini menelan waktu tempuh sekitar satu jam lebih.

Baca: 5 Wisata Bukit Teletubbies di Sulsel

Saat tiba di Dusun Manyeppe, Desa Tambolongan, perjalanan ke Bukit Teletubbies ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri rute pendakian dengan waktu tempuh hanya sekitar 10 menit saja.

"Dari puncak bukit, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dan pemandangan menakjubkan. Di puncak bisa dinikmati panorama senja," ujar Murniati Sarim dari manajemen wisata Go Selayar Island, belum lama ini.

Bukit Teletubbies Tambolongan Selayar 6
Bukit Teletubbies Tambolongan Selayar 6 ()

Hamparan rerumputan dan pepohonan hijau di tempat ini pun bisa memuaskan pandangan mata. Selain itu, hamparan pohon kelapa dari perkebunan warga di pesisir pantai bisa menjadi spot latar swafoto yang menarik.

Murniati berharap destinasi Bukit Teletubbies di Pulau Tambolongan bisa menjadi destinasi wisata favorit lainnya di Selayar.(*)

Penulis: Nurwahidah
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help