Pilwakot Palopo 2018

Gelar Road Show to School, KPU Sambangi SMAN 3 Palopo

Kegiatan ini sebagai ajang sosialisasi terkait Pilkada Serentak 27 Juni 2018 yang sisa 45 hari lagi.

Gelar Road Show to School, KPU Sambangi SMAN 3 Palopo
hamdan/tribunpalopo.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo menggelar Road Show to School di SMAN 3 Palopo, Jl Andi Djemma, Kecamatan Wara, Sulawesi Selatan, Senin (14/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunPalopo.com, Hamdan Soeharto

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo menggelar Road Show to School di SMAN 3 Palopo, Jl Andi Djemma, Kecamatan Wara, Sulawesi Selatan, Senin (14/5/2018).

Road Show tersebut diikuti oleh tuan rumah SMAN 3, SMAN 1, SMAN 5, SMAN 6 dan SMKN 1 Palopo.

Mereka tergabung dalam zona 1.

Kegiatan itu sebagai ajang sosialisasi Pilkada Serentak 2018. KPU menyisir pemilih pemula untuk lebih mengenal arti demokrasi dan hakikat Pemilu.

Baca: VIDEO: Suasana Pemusnahan 2.615 Liter Ballo di Palopo

Hadir sebagai narasumber adalah Komisioner KPU Palopo bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat, Faisal, Direktur Macca Indonesia Foundation (MIND) Haeril Al Fajri, Aktivis alumni magister UI Hasan Sufyan dan pengiat demokrasi yang juga seorang pendidik di kota Palopo, Muh Idrus.

Di hadapan ratusan siswa Faisal memaparkan, kegiatan ini sebagai ajang sosialisasi terkait Pilkada Serentak 27 Juni 2018 yang sisa 45 hari lagi.

Dikataknya, KPU Road Show untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sehingga Pilkada berlangsung sukses baik secara kuantitas dan terpenting pula dari segi kualitas pelaksanaannya.

Lain halnya Muh Idrus selaku pegiat demokrasi yang juga seorang pendidik, dalam pemaparannya menekankan arti penting pemahaman demokrasi dan tujuan berdemokrasi yang sehat dan bermartabat.

Sedangkan Hasan Sufyan M.I.P aktivist, alumni UI, berbicara tentang Demokrasi dan Masa Depan Indonesia.

Kata Uppi sapaan akrabnya, aksi terorisme yang terjadi di Surabaya adalah sikap anti demokrasi, sehingga penting bagi pelajar untuk mengetahui dan memperoleh pendidikan politik.

"Pemahaman itu penting agar masyarakat khususnya adik adik pelajar sejak dini bisa menangkal radikalisme atas nama agama, etnis, suku dan sebagainya," ucap Uppi.

Baca: Sikapi Teror di Indonesia, Organisasi Cipayung Plus Palopo Keluarkan Enam Sikap Ini

Haeril Al Fajri pun menutup Road Show KPU Palopo ini dengan memberi motivasi serta games terkait peran kaum muda sebagai agen perubahan.

"Sebagai pemilih pemula, adik-adik harus cerdas dengan pilihan pilihan yang ada, jangan ikut-ikutan menjadi provokator utamanya di Medsos sehingga adik-adik bukannya membantu KPU agar Pilkada ini sejuk tapi bertambah panas karena saling hujat," jelas motivator muda ini.

Rencananya, KPU Palopo masih akan menggelar roadshow ke Zona 2 yakni di SMKN 1 Palopo pada Selasa (15/5/2017) besok.(*)

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help