18 Berkas Balon Anggota DPD RI Butuh Perbaikan, Ini Kata KPU

Juliati enggan membeberkan nama-nama sepuluh bakal calon anggota DPD RI dari dapil Sulsel yang dinyatakan lolos verifikasi

18 Berkas Balon Anggota DPD RI Butuh Perbaikan, Ini Kata KPU
dok.tribun
Empat Senator RI asal Sulsel, AM Iqbal Parewangi, Bahar Ngitung, Adjiep Padindang, dan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar, di sela Sidang Paripurna DPR RI di Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Timur Abdul Aziz Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan, Mohammad Roem Muin, memastikan dirinya masih kader Partai Golkar Sulsel.

"Saya tidak mundur dari Partai Golkar (karena) tidak masalah maju (sebagai calon anggota) DPD. Dulu aturannya memang harus mundur sekarang tidak lagi," kata Roem Muin di Gedung DPRD Sulsel, Senin (14/5/2018).

Menanggapi siapa lawan kuatnya pada pemilihan anggota Dewan Perwakian Daerah (DPD) RI Periode 2019-2024 nanti, mantan Bupati Sinjai dua periode ini mengaku belum tahu.

"Saya belum tahu siapa saingan kuat. Kita lihat saja nanti, kader Golkar se-Sulsel sudah tahu kalau saya maju (DPD). Pada waktunya nanti saya akan keliling ke daerah-daerah. Mereka (kader Golkar) siap bantu," jelas Roem.

Baca: Baru 16 Balon DPD RI Setor Berkas di KPU Sulsel

Terkait verifikasi dukungan bakal calon anggota DPD RI, berupa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang diserahkan ke KPU Sulsel belum lama ini, Kasubag Hukum KPU Sulsel Juliati Rahayu mengatakan pihaknya telah melakukan verifikasi dukungan.

Dari hasil verifikasi itu, kata Juliati, sebanyak 18 bakal calon dinyatakan tidak memenuhi syarat dan harus memperbaiki dukungannya kembali.

Sementara 10 di antaranya sudah memenuhi syarat.

"18 orang ini tidak memenuhi syarat minimal dukungannya atau masih di bawah 3.000 KTP. Mereka harus memasukkan lagi dukungan, mulai 14 sampai 20 Mei mendatang," ujar Juliati.

Hanya saja, Juliati enggan membeberkan nama-nama sepuluh bakal calon anggota DPD RI dari dapil Sulsel yang dinyatakan lolos verifikasi dukungan dengan alasan akan diumumkan secara resmi.

Baca: CEO Trisari Group Bidik Kursi DPD RI, Setor 3.488 Dukungan e-KTP

"Nama-namanya akan diumumkan secara resmi," jelas Juliati.

Juliati menjelaskan, dukungan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat didominasi oleh faktor kegandaan.  Ganda internal dan eksternal.

"Dikatakan ganda internal karena ada dua dukungan yang sama pada salah satu calon. Kalau ganda eksternal itu orang yang memberikan dukungan kepada dua calon. Jadi kalau ganda eksternal harus dicoret dua-dua, kalau tidak satu saja," ujarnya.(ziz)

Penulis: Abdul Azis
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help