Liga 1 2018

Lawan Arema FC, Robert Tak Punya Banyak Pilihan di Lini Belakang

sejumlah pemain tak bisa memperkuat Laskar Pinisi, lantaran cedera dan kena sanksi akumulasi kartu.

Lawan Arema FC, Robert Tak Punya Banyak Pilihan di Lini Belakang
ilham mulyawan/tribun-timur.com
Pelatih PSM, Robert Rene Alberts 

Laporan Wartawan Tribun Timur Ilham Mulyawan

TRIBUN-TIMUR.COM MAKASSAR - PSM Makassar bakal kembali menjalani laga lanjutan Liga 1 2018. Kali ini lawannya adalah Arema FC. Laga kedua kesebelasan akan dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan, Malang hari ini, Minggu 13 Mei 2018. 

Dalam laga ini, sejumlah pemain tak bisa memperkuat Laskar Pinisi, lantaran cedera dan kena sanksi akumulasi kartu.

Nama-nama seperti Steven Paulle, Reva Adi Utama, Ardan Aras dan Hasim Kipuw urung dibawa karena cedera, sementara Fauzan Jamal kena sanksi larangan bermain sekali, karena akumulasi kartu kuning.

Dengan kondisi begini, tak banyak pilihan tersedia memang, sebab dari 18 pemain dibawa, kebanyakan berposisi gelandang.

Total ada 7 pemain gelandang sementara bek murni hanya 4, itupun dua diantaranya adalah stopper, mereka Abdul Rahman dan Hendra Wijaya. Dua bek lainnya adalah Zulkifli Syukur dan Wasyiat Hasbullah.

Pola atau skema 4-2-3-1 yang selama ini andalan Robert, bisa berubah menjadi 3-5-2 dengan menyesuaikan kondisi saat ini, dimana tim tengah krisis lini pemain belakang.

Wujud dari formasi memang terlihat lebih padat di area pertahanan, kemudian kosong di area sayap, bahkan lebih kosong di daerah tengah ketika permainan ofensif dan defensif dimulai, atau bisa menjaga keseimbangan dengan terus menerus bergerak.

Dengan mengandalkan banyak pemain di winger, serangan bisa dibangun. Ketika menyerang, kedua wing-back dapat naik ke depan karena mereka akan dibantu oleh para pemain tengah, dan cepat bertahan saat lawan lakukan serangan balik.

Maka dibutuhkan sosok pemain yang punya kondisi fisik dan mental tanding bagus, agar dapat menopang serangan dan bertahan ketika perannya dibutuhkan. Namun bisa juga tetap menggunakan 4-2-3-1, tergantung situasi pertandingan.

Halaman
123
Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help