PSM Makassar

Wasyiat Punya Kesempatan Jadi Starter Lawan Arema

Mantan pemain PSM, Faisal Maricar berpendapat, sudah saatnya pemain-pemain muda mendapat kesempatan bermain.

Wasyiat Punya Kesempatan Jadi Starter Lawan Arema
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Pemain PSM Makassar Muhammad Wasyiat (kanan) saat pertandingan antara PSM Makassar melawan Barito Putra dalam lanjutan kompetisi Liga 1 di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ilham Mulyawan

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PSM Makassar bakal kembali menjalani laga lanjutan Liga 1 2018. Kali ini lawannya adalah Arema FC. Laga kedua kesebelasan akan dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 13 Mei.  

Dalam laga ini, sejumlah pemain tak bisa memperkuat Laskar Pinisi, lantaran cedera dan kena sanksi akumulasi kartu.

Nama-nama seperti Steven Paulle, Reva Adi Utama, Ardan Aras dan Hasim Kipuw urung dibawa karena cedera, sementara Fauzan Jamal kena sanksi larangan bermain sekali, karena akumulasi kartu kuning.

Absennya Hasim Kipuw menjadi momen bagi bek Wasyiat Hasbullah menunjukkan kemampuannya. Meski pelatih Robert Rene Alberts sejauh ini tidak membeberkan siapa saja pemain starter lawan Arema, namun ia pernah mengutarakan ‎keinginannya untuk mencoba Wasyiat.

"Wasyiat ada peningkatan di level yang saya inginkan selama empat pekan terakhir ini," ungkap Robert saat ditemui di Stadion Mattoanging, Jumat (11/5/2018).

Baca: Hadapi Arema, Robert Alberts Hanya Bawa 18 Pemain

Baca: Preview Arema FC Vs PSM, ke Malang Tanpa 3 Pilar Lini Belakang, Bek Ini yang Jadi Penggantinya?

Hingga pekan ke-7, memang Wasyiat baru sekali dimainkan, itupun sebagai pengganti Hasim Kipuw saat melawan Mitra Kukar pekan lalu. Total ia bermain selama 57 menit. Meski begitu, catatan statistiknya cukup bagus.

Berdasarkan statistik, ia mencatat sekali tekel sukses, 17 long pass dimana 10 di antaranya sukses dan mencatat 2 clearence (sapuan). 

Mantan pemain PSM, Faisal Maricar berpendapat, sudah saatnya pemain-pemain muda mendapat kesempatan bermain.

"Seperti Wasyiat, ini pemain punya potensi. Hanya tinggal butuh jam terbang lebih banyak lagi untuk mengasah kemampuan dan pengalaman bermain,"ujarnya. 

Namun tentu saja hal itu bergantung pada kebutuhan strategi yang diterapkan saat permainan.

Selain Wasyiat, bek senior Zulkifli Syukur juga berkesempatan kembali membuktikan diri, bahwa dirinya layak mengisi pos bek kanan PSM. Seperti diketahui, dari 7 laga yang telah dilalui, Zul bermain lima laga, sementara dua laga terakhir yakni kala melawan Sriwijaya FC dan Mitra Kukar, posisi Zul digantikan oleh Hasim Kipuw.

‎Pergantian posisi ini dilakukan oleh tim pelatih untuk memberi kesempatan kepada Hasim, terlebih permainan Zul dinilai agak menurun. Dari 18 pemain yang dibawa Robert, selain Zul hanya Wasyiat Hasbullah saja yang juga punya posisi sama. 

Namun siapapun tampil, tentu diharapkan mampu menjalankan tugas sebaik-baiknya. Toh bek punya peran ganda, selain bertahan, juga ikut naik membantu menyerang , yang sering kita sebut dengan istilah overlap, maka dibutuhkan bek tangguh tak hanya unggul dari segi fisik namun juga visi bermain.(*)

Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help