IRI Latih 65 Bakal Caleg 16 Parpol untuk Galang Dana Kampanye

Lembaga nirlaba asal Washington DC, International Republican Institute (IRI), tengah melatih 65 bacaleg dari 16 partai politik di Sulawesi Selatan.

IRI Latih 65 Bakal Caleg 16 Parpol untuk Galang Dana Kampanye
Handover
Lembaga nirlaba asal Washington DC, International Republican Institute (IRI), tengah melatih 65 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari 16 partai politik di Sulawesi Selatan. Pelatihan dua hari (11-12 Mei 201) bertajuk Menuju Pemilu 2019 ini memilih tema, Menang Bersama Perempuan. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR,– Lembaga nirlaba asal Washington DC, International Republican Institute (IRI), tengah melatih 65 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari 16 partai politik di Sulawesi Selatan.

Pelatihan dua hari (11-12 Mei 201) bertajuk Menuju Pemilu 2019 ini memilih tema, Menang Bersama Perempuan.

“Ini pembekalan caleg khusus perempuan menjelang pemilu, dan sudah kita gelar sejak Pemilu 1999, ini program penguatan parlemen yang ke-5; sejak pemilu demokratis pertama 1999, lalu 2004, kemudian 2009, 2014 dan kini yang kelima,” kata Program Manager IRI Delima Saragih, kepada Tribun, di sela-sela hari pertama pelatihan dan workshop di di Hotel Santika, Jl Sultan Hasanuddin, Makassar. Jumat (11/5) siang.

Pelatihan ini membekali para caleg empat materi pokok agar politisi perempuan bisa lolos ke parlemen.

Empat materi itu adalah memahami UU Pemilu dan peraturan terkait, pemetaan daerah pemilih dan identifikasi isu, kiat komunikasi dengan bakal calon konstituen dan membagun jaringan dengan media massa, serta terakhir perencanaan kampanye dan panggalangan dana pemilu.

Pemateri antara lain komisioner pemilu Sulsel Mardiana Rusli, akademisi Unhas Dr Sukri Tamma dan Ahmad Ismail, aktivis perempuan Salma Tadjang, serta jurnalis Tribun Timur Thamzil Thahir.

IRI mengutus Delima Saragih; program manager dan officer program Kerkan sebagai fasilitator sekaligus pemateri khusus dari Jakarta

Sebelum di Makassar, IRI sudah menggelar acara serupa di tiga kota besar lain di Indonesia.

Pelatihan pertama di Banda Aceh (20-21 April dengan 80 peserta), lalu DI Yogyakarta (2-3 Mei 2018 dengan 60 peserta), Makassar, dan akhir Mei mendatang (25-26 Mei 2018) digelar di Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan jumlah peserta sama dengan Makassar.

Program Officer IRI Kerkan, menjelaskan persiapan acara ini sudah digagas sejak Februari 2018 lalu, atau hanya beberapa saat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan 16 partai politik yang lolos verifikasi faktual, dan pengumuman agenda dan tahapan pemilu legislatif dan Pilpres yang digelar 9 April 2019 mendatang.

“Kita minta delegasi 4 bakal caleg perempuan dari tiap partai. Ada yang kirim lengkap ada juga yang mau kirim lebih, tapi kita batasi empat,” ujar Kirkan.

Partai yang kirim delagasi adalah 12 partai peserta pemilu 2014 (PDIP, Golkar, Demokrat, Nasdem, Gerindra, PAN, PKS, PPP, PKB, PBB, PKPI, dan Hanura.

Selain itu, juga ada 4 partai baru, PSI, Perindo, Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved