Citizen Reporter

Dosen PNUP Gelar Penyuluhan Operator dan Servis Ringan Traktor di Soppeng

Peserta pelatihan belajar penguasaan dalam mengoperasikan dan melakukan perawatan dan perbaikan ringan traktor tangan.

Dosen PNUP Gelar Penyuluhan Operator dan Servis Ringan Traktor di Soppeng
Citizen Reporter
Dr Eng Arman ST MT, Dosen PNUP

Citizen Reporter, Dr Eng Arman ST MT Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang melaporkan dari Soppeng

Dua dosen, satu teknisi dan 3 orang mahasiswa Prodi Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung pandang (PNUP) adalah Tim PNUP yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Soppeng. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari (8-9/5/2018).

Ketua tim adalah Dr. Eng. Arman, ST., MT dan anggotanya adalah Dr. Eng. Abdul Kadir Muhammad, ST., M.Eng. Adapun teknisi otomotif yang mendampingi adalah Imam Raharjo, ST beserta 3 mahasiswa tingkat akhir.

Pengabdian kepada masyarakat ini dikenal dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dimana PNUP salah satu perguruan tinggi vokasi terbesar di Indonesia Timur meloloskan beberapa proposal judul penelitian dan pengabdian untuk pelaksanaan 2018.

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Risbang Kemenristekdikti mencoba menerapkan paradigma baru dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan (sustainable) dengan sasaran yang tidak tunggal.

Hal-hal inilah yang menjadi alasan dikembangkannya PKM. Adapun judul PKM yang lolos dan dilaksanakan di Soppeng adalah PKM Kelompok Tani Padi di Dusun Lawo Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan.

Program PKM tersebut mendapatkan pendanaan dari Kemenristekdikti untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Dusun Lawo Kelurahan Ompo Kabupaten Soppeng.

Adapun jenis kegiatannya adalah pelaksanaan pelatihan dan penyuluhan operator dan servis ringan traktor tangan atau hand traktor.

Pemahaman dalam mengoperasikan traktor tangan adalah salah satu masalah yang dihadapi petani menghadapi era modern dalam hal teknologi mekanisasi pertanian.

PKM ini dirancang dan dilaksanakn untuk mengarahkan bagaimana peserta pelatihan belajar penguasaan dalam mengoperasikan dan melakukan perawatan dan perbaikan ringan traktor tangan.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help