Waspadai 4 Penyakit Ini saat Bulan Puasa

Gejala penyakit ini timbul karena kurang mengonsumsi air atau makanan berserat lainnya sehingga mudah terjadi konstipasi/sembelit

Waspadai 4 Penyakit Ini saat Bulan Puasa
HANDOVER
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribun Timur, Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tidak lama lagi kita akan kedatangan bulan suci Ramadhan.

Bulan ini ditandai dengan rutinitas puasa selama sebulan penuh.

Namun perubahan pola makan kadang ditemani dengan datangnya berbagai penyakit, jika menjalankan puasa dengan cara yang salah.

Dokter Gizi Klinik Chaerani Rasyid mengatakan, beberapa penyakit yang harus diwaspadai pada saat bulan puasa, seperti Dispepsia.

Dispesia adalah penyakit asam lambung yang muncul karena pola makan yang berubah, dan umumnya ketika orang yang berpuasa langsung tidur, 30 menit setelah sahur.

Baca: Beruntungnya Orang Berpuasa dan Melakukan 3 Amalan ini pada Nisfu Syaban, Ini Penjelasan Ulama

"Sebaiknya tidak berlebihan saat buka atau sahur. Dan tidurlah 1 jam setelah sahur, agar asam lambung tidak tinggi," kata dr Chaerani yang juga Dosen Fakultas Kedokteran Unhas ini.

Chaerani menyampaikan jika ingin tidur beberapa menit setelah sahur, gunakanlah bantal tinggi, untuk menahan asam lambung dalam tubuh tinggi.

Kemudian penyakit Konstipasi.

Gejala penyakit ini timbul karena kurang mengonsumsi air atau makanan berserat lainnya sehingga mudah terjadi konstipasi/sembelit.

Chaerani menganjurkan untuk rutin mengonsumsi air ketika berbuka dan jangan lupa untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Baca: Muhammadiyah Umumkan Puasa Ramadan Mulai 17 Mei 2018 dan Lebaran 15 Juni 2018

Ketiga penyakit Pharingitis yang muncul lantaran berlebihan mengkonsumsi gorengan sehingga merangsang tenggorokan menjadi sensitif

"Gorengan sering dipilih banyak orang yang berpuasa sebagai cemilan. Ketika waktu berbuka sehingga akan merangsang tenggorokan menjadi sensitif," tuturnya.

Keempat yang harus diwaspadai adalah Dehidrasi.

Cadangan cairan selama berpuasa berkurang sangat mudah mengalami dehidrasi .Untuk itu diusahakan cukup cairan saat berbuka dan sahur. (San)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help