citizen reporter

Anak-anak GMA Rekreasi dan Belajar di Alam Terbuka

“Street Party Neighbourhood Community” merupakan program khusus yang terbentuk atas kerja sama kemitraan kemasyarakatan

Anak-anak GMA Rekreasi dan Belajar di Alam Terbuka
Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulia Asri, Kelurahan Pai, Kota Makassar 

Citizen reporter
Sirmayanti
koordinator pelaksana kegiatan
melaporkan dari Makassar

koordinator pelaksana kegiatan
koordinator pelaksana kegiatan ()

PROGRAM after school komunitas Anak-anak Griya Mulya Asri (GMA) merupakan kegiatan rutin warga GMA yang dilaksanakan setiap Hari Minggu pagi.
Kegiatan ini diinisiasi untuk mengisi waktu bermain anak-anak saat berlibur melalui kegiatan yang bermanfaat melalui permainan di taman kompleks GMA.

“Street Party Neighbourhood Community” merupakan program khusus yang terbentuk atas kerja sama kemitraan kemasyarakatan dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang bersama dengan AFS Bina Antar Budaya Chapter Makassar dan didukung penuh oleh warga GMA, pengurus Masjid Raudhatul Jannah, dan pengurus RT 07-RW 08 GMA.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyelenggrakan kegiatan ekstra sekolah yang bersifat rekreasi, pendidikan, dan sosial. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari berurut, akhir April 2018.

Kegiatan hari pertama bertemakan rekreasi melalui English Fun Day. Metode kegiatan ini adalah belajar Bahasa Inggris sambil bermain dan pengisi kegiatan dilakukan oleh empat volunteer siswa AFS Bina Antar Budaya Makassar dari empat Negara yang berbeda yaitu Rusia, Italia, Hungaria, dan Amerika Serikat.

Melalui game-game menarik yang telah disiapkan maka anak-anak akan lebih mudah menyimak pelajaran Bahasa Inggris karena langsung dari native berbahasa Inggris.
Selama kegiatan berlangsung, tidak ada kecanggungan bagi anak-anak untuk terlibat bersama dengan para volunteer tersebut dalam keseruannya bermain bersama.

Kegiatan hari kedua bertemakan pendidikan melalui Learning by Gagdet. Metode kegiatan ini adalah belajar Bahasa Inggris praktis melalui alat peraga smartphone dan gadget.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh tim PKM PNUP melalui beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk digunakan bagi anak-anak dalam kemudahannya memahami dasar-dasar ilmu Bahasa Inggris.

Melalui kegiatan ini, anak-anak telah diberi wawasan penggunaan smartphone dan gadget yang baik bagi pendidikan dan aktivitas positif lain sehingga bagi mereka alat tersebut bukan hanya dipergunakan hanya untuk permainan game semata.

Kegiatan hari ketiga bertemakan sosial melalui Story Telling. Metode kegiatan ini adalah menyampaikan pembelajaran dengan cara mendongeng sebagai aktivitas sosial komunikasi yang mudah dan murah terutama untuk menyampaian pesan moral pada anak.

Anak-anak saat dikumpulkan tidak merasa dinasehati dan digurui oleh pendidik karena turut melibatkan seluruh perhatiannya sehingga larut dalam cerita.
Selain itu, mendengarkan dongeng juga dapat mempengaruhi perkembangan pikir dan kecerdasan kognitifnya untuk menyimpulkan makna yang terkandung dalam cerita dongeng tersebut.

Melalui dongeng ini, aktivitas anak-anak GMA juga ditambahkan dengan aktivitas sosialnya melalui Sedekah Dongeng yang dibawakan langsung oleh pendongeng nasional Kak Heru.

Pada pertemuan Sedekah Dongeng kali ini, seluruh anak-anak GMA sangat antusias memberikan sedekahnya secara ikhlas, dan telah terkumpul hasil sedekah berjumlah Rp 1.539.500,00 untuk disumbangkan langsung ke Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri.

Seluruh pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di taman terbuka hijau kompleks Griya Mulya Asri 1, Jl Dg Ramang Makassar.
Kurang lebih sebanyak 70-an anak-anak usia antara 3-12 tahun berkumpul bersama dalam alam terbuka untuk terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan tersebut diatas.

Kami berharap semoga kegiatan ini terus mendapat dukungan dari warga masyarakat sekitar dan menjadi program rutin kesenangan bagi anak-anak dikala sedang berlibur ataupun ingin mendapatkan suasana berbeda selama belajar sambil bermain.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help