Home »

Maros

Pernikahan Dini

Ditolak di Maros, Sattu dan Rosnia Menikah di Makassar

Kami tidak mau menikahkannya karena itu melanggar. Tapi kita tidak bisa berbuat banyak, mereka masih masih saja melangsungkan penikahan

Ditolak di Maros, Sattu dan Rosnia Menikah di Makassar
ansar/tribunmaros.com
Warga Maros dihebohkan dengan pernikahan anak di bawah umur di Dusun Balangkasa, Desa Majannang, Kecamatan Maros Baru, Sabtu (28/4/2018). 

MAROS, TRIBUN-TIMUR.COM - Orangtua Sattu (14) dan Rosnia (16), memilih menikahkan kedua anaknya di Kota Makassar. Mereka beralasan, KUA Maros tidak memberi izin pasangan ini menikah karena masih berusia belasan tahun.

Tak ada informasi dimana pasangan ini menikah di Kota Makassar. Kepala Desa Majannang, Maros Baru, Sirajuddin mengatakan, ia mendapat informasi, pasangan ini dinikahkan di Makassar karena ditolak di Maros.

“Mereka memang sudah minta tolong kepada kami untuk memberi izin untuk menikahkan anaknya. Tapi saya tolak karena keduanya tak punya KTP, “ kata Sirajuddin.

Di tempat terpisah, Kepala KUA Maros Baru, Sukeri mengaku, tidak pernah memberikan izin pernikahan kepada dua bocah tersebut. Alasannya, pernikahan di bawah umur sangat dilarang oleh Undang-undang.

KUA juga tidak pernah mengeluarkan rekomendasi dan rekomendasi penerbitan akte nikah. Sesuai aturan, Buku nikah hanya bisa diberikan kepada anak yang telah memenuhi persyaratan pernikahan.

"Kami tidak mau menikahkannya karena itu melanggar. Tapi kita tidak bisa berbuat banyak, mereka masih masih saja melangsungkan penikahan," kata Sukeri.

Pernikahan pasangan di bawah umur ini menambah panjang rententan kasus pernikahan dini di Sulawesi Selatan. April lalu, publik Sulsel juga dihebohkan dengan pernikahan sepasang bocah yang masih berusia 14 tahun di Kabupaten Bantaeng.

Bedanya dengan di Maros, pasangan ini dinikahkan secara sah oleh KUA karena adanya surat dispensasi dari Pengadilan Agama Bantaeng.(*/tribun-tiur.com)

Penulis: Ansar
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help