Terlibat Politik Praktis, Sekda Mamasa Tuai Sorotan Warga

Meski telah gagal mengendarai PDI-P maju bertarung di Pilbub Mamasa, namun Benyamin belum mencabut kartu anggotanya.

Terlibat Politik Praktis, Sekda Mamasa Tuai Sorotan Warga
nurhadi/tribunsulbar.com
Sekda Mamasa, Benyamin YD mengikuti kegiatan partai politik.

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMASA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mamasa, Benyamin YD diprotes oleh warga lantaran terlibat politik praktis dan menjadi pengurus partai PDI-P, Selasa (24/3/2018).

Warga Mamasa, Waris mengaku keberatan dengan Sekda yang terlibat politik. Padahal berdasarkan aturan, ASN dilarang terlibat dalam politik praktis dan ikut berpartai.

Warga telah melaporkan Benyamin ke Plt Bupati Mamasa, Bongalangi. Namun hal tersebut belum diindahkan selaku pejabat yang berwenang memeberikan teguran atau sanksi.

"Kami warga Mamasa, keberatan kalau Sekda terlibat politik dan menjadi pengurus partai. Beberapa kali, warga mendapatkan Benyamin terlibat dalam kegiatan partai," tuturnya.

Meski telah gagal mengendarai PDI-P maju bertarung di Pilbub Mamasa, namun Benyamin belum mencabut kartu anggotanya.

"Sekda Mamasa, Benyamin pernah maju bertarung sebagai calon wakil Bupati, berpaket dengan Obet Nego. Rencananya diusung PDI dan Gerindra. Tapi PDIP membatalkannya. Makanya tidak memenuhi syarat untuk maju," jelasnya.

Benyamin kembali menjalankan tugasnya sebagai Sekda dan tetap aktif menjadi pengurus partai. Berdasarkan aturan, Benyamin seharusnya mengundurkan diri sebagai ASN, untuk menjadi pengurus partai. Namun hal tersebut tidak dilakukannya.

"Saya bisa buktikan, kalau pak Sekda masih menjadi anggota partai. Dia mulai berpartai sebelum mundur sebagai ASN. Itu pelanggaran kode etik ASN," katanya.

Selain ke Plt Bupati, warga juga sudah melapor ke Komisi ASN terkait dugaan pelanggaran Benyamin. Namun, laporan tersebut tidak ditindaklanjuti.

"Kami sudah beberapa kali menyurat dan mengantar langsung ke Jakarta, tapi tidak pernah ditindaklanjuti. Kami hanya ingin minta kejelasan," katanya.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved