Tahun Ini Menhub Hibahkan 100 Kapal Pelra, Segini Anggarannya

Menurutnya, keberadaan kapal Pelra ini mampu meningkatkan peran serta Pemda dalam pelayanan transportasi angkutan laut

Tahun Ini Menhub Hibahkan 100 Kapal Pelra, Segini Anggarannya
abdiwan/tribuntimur.com
Pemerintah melalui Kemenhub menyerahkan 24 kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) kepada sejumlah pemerintah daerah (Pemda) penerima hibah. Prosesi penyerahan hibah dilakukan di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (19/04/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menginginkan kapal pelra dapat memacu aksesibilitas daerah terpencil.

Menurutnya, keberadaan kapal Pelra ini mampu meningkatkan peran serta Pemda dalam pelayanan transportasi angkutan laut bagi masyarakat lokal di wilayahnya, baik untuk penumpang, barang maupun wisata.

"Jadi bagi para kepala daerah penerima hibah harus menjaga dan merawat kapal Pelra ini dengan baik," ujarnya di penyerahan 24 kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) kepada 24 pemerintah daerah penerima hibah di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Kamis (19/4/2018).

Menhub mengungkapkan, pemerintah terus mengembangkan dan mereformasi pelayaran rakyat, termasuk dengan membangun armada kapal Pelra di galangan-galangan kapal tradisional.

"Setelah 24 kapal, tahun 2018 ini Kemenhub kembali membangun 100 unit kapal Pelra dengan total alokasi anggaran sebesar Rp 250 Miliar, yang juga nantinya akan dihibahkan ke Pemda-Pemda," jelasnya.

Pembangunan kapal Pelra tersebut, lanjut Menhub, juga merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam meningkatkan usaha ekonomi pelayaran rakyat baik untuk galangan tradisional maupun masyarakat lokal.

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help