Hati-hati, Tiga Penyakit Ini Intai Para Lansia

Demam yang merupakan gejala utama adanya infeksi, sering tidak muncul pada usia lanjut.

Hati-hati, Tiga Penyakit Ini Intai Para Lansia
CAHAYAHERBALINDO.COM
Ilustrasi tekanan daerah tinggi 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Orang lanjut usia (lansia) selalu diidentikan dengan mereka yang mengalami berbagai masalah fisik. Padahal saat lansia juga bisa tetap sehat, mandiri, dan berdaya guna.

Dokter spesialis Penyakit Dalam, dr Agus Sudarso Sp PD K-GER menyebutkan sedikitnya ada tiga masalah kesehatan yang mengintai diusia lanjut.

Pertama ialah infeksi yang merupakan masalah yang umum terjadi pada usia lanjut dan merupakan penyebab yang signifikan terjadinya kesakitan dan kematian pada populasi tersebut.

Pneumonia, Infeksi Saluran Kemih (ISK), dan influenza merupakan infeksi tersering pada kelompok usia 60 tahun ke atas dan merupakan alasan perawatan di rumah sakit pada usia lanjut yang tinggal di komunitas maupun di tempat perawatan jangka panjang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya infeksi pada usia lanjut antara lain perubahan sistem imun dan respon imun, adanya penyakit komorbid tertentu, keadaan malnutrisi, gangguan fungsional, dan faktor lingkungan.

Baca: Benarkah Daging Kuda Penyebab Hipertensi? Ini Penjelasan Dirut RSUD Lanto Dg Pasewang Jeneponto

Baca: Empat Penyakit Ini Paling Banyak Diderita Pejabat Sinjai

"Menegakkan diagnosa infeksi pada usia lanjut tidak selalu mudah," kata dokter spesialis penyakit dalam yang tugas di Siloam Hospitals Makassar tersebut.

Tampilan klinis yang tidak khas disertai kemunduran status fungsional dan kognitif serta adanya penyakit-penyakit komorbid kronik membuat infeksi pada usia lanjut tidak dapat dideteksi pada tahap awal.

Halaman
123
Penulis: Hasrul
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help