16 Investor Asing Lirik Proyek Kereta Api Trans Sulawesi, Begini Kata Menteri Perhubungan

Ada belasan investor tertarik dengan proyek rel kereta api dengan nilai investasi Rp1,3 triliun.

16 Investor Asing Lirik Proyek Kereta Api Trans Sulawesi, Begini Kata Menteri Perhubungan
MUH ABDIWAN
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan saat ini progres pembangunan jalur kereta api trans Sulawesi telah memasuki tahap lelang Kerja Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Budi mengatakan, ada belasan investor tertarik dengan proyek rel kereta api dengan nilai investasi Rp1,3 triliun, beberapa di antarnya merupakan investor asing.

 "Kita sedang melakukan lelang KPBU. Lelang ini dimungkinkan investor bukan dari Indonesia," ungkap Budi usai menghadiri acara Dialog Teras Kita yang digelar oleh Kompas, di Kampus Universitas Hasanuddin, Kamis (19/4/2018).

Menurut Budi, setidaknya 16 investor perusahaan asing siap menanamkan modalnya untuk pembangunan rel kereta api yang akan menghubungkan sejumlah daerah di Sulawesi tersebut.

Baca: Menteri Perhubungan Bakal Libatkan Investor Lokal Bangun Infrastruktur Kereta Api di Sulsel

Meski didominasi investor asing, ia berharap pengusaha lokal bisa ambil bagian dalam lelang ini, karena dinilai dapat memberi manfaat.

"Saya sarankan kerja sama dengan pengusaha lokal. Supaya ini bisa bersama dan bisa mendatangkan manfaat bagi kita semua," kata dia.

Budi berharap, belasan investor yang tertarik tersebut dapat segera membantu terkait pendanaan proyek basional ini, agar dapat selesai dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca: Cantiknya Tiara Alincia Fitri, Perempuan Masinis yang Dampingi Anies saat Jajal Kereta MRT

Ia juga mengungkapkan, pembangunan tahap pertama proyek yang rencananya menghubungkan Makassar di Sulsel dengan Manado di Sulawesi Utara, dapat segera diselesaikan tahun ini.

"Saat ini kan pengerjaannya berfokus di sekitar Kabupaten Barru , dan tahun ini akan selesai yang 44 km itu," ucap Budi. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved