5 Program Sanitasi Berbasis Masyarakat di Sinjai Perlu Dikampanyekan

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai Andi Suryanto Asapa mengatakan bahwa pada kegiatan tersebut para medis dan aparat pemerintah

5 Program Sanitasi Berbasis Masyarakat di Sinjai Perlu Dikampanyekan
samba/tribunsinjai.com
Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, menggelar Workshop Tentang Sanitasi Berbasis Masyarakat di Aula Pertemuan Hotel Rofina Sinjai, Senin (16/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Tomir, Syamsul Bahri

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA - Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, menggelar Workshop Tentang Sanitasi Berbasis Masyarakat di Aula Pertemuan Hotel Rofina Sinjai, Senin (16/4/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai Andi Suryanto Asapa mengatakan bahwa pada kegiatan tersebut para medis dan aparat pemerintah dan keamanan di Sinjai diminta memiliki peranan untuk mengajak masyarakat Sinjai untuk lebih bersih.

" Ada lima pilar yang ada pada Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STSBM) dan harus dikemapnyekan ke warga yakni setop buang air besar sembarangan tempat, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air dan makanan, pengelolaan sampah rumah tangga, pengelolaan limbah rumah tangga," kata A Suryanto Asapa dalam kegiatan tersebut.

Untuk mewujudkan pilar-pilar STBM tersebut diperlukan kerja sama lintas sektor yang kuat mengingat programSTBM ini merupakan salah satu program pendukung tercapainya Universal Akses di tahun 2019 sangat dan diharapkan dukungan dari semua pihak.

Di tempat yang sama Kepal Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja dan kesehatan Olahraga Dinkes Sinjai Ambo Sakka mengatakan bahwa perlu adanya koordinasi yang kuat antar lintas sektor dan keterlibatan masyarakat yang perlu di tingkatkan agar program STBM ini bisa berjalan sebagai mana mestinya.

Tahun 2017 lalu Sinjai berada pada dibawah urutan ke 20 angka Indeks Pembangunan Manusianya (IPM). Salah satu mempengaruhi IPM tersebut yakni pada bidang kesehatan dan kehidupan layak masyarakatnya.

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help