TribunTimur/

Ini Penyakit yang Paling Banyak Diderita Warga Sinjai

Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menyampaikan terdapat 10 penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Sinjai.

Ini Penyakit yang Paling Banyak Diderita Warga Sinjai
HANDOVER
Kepala Dinas Kesehatan Sinjai A Suryanto Asapa beri sosialisasi penanganan penyakit secara dini. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA - Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menyampaikan terdapat 10 penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Sinjai.

Ke 10 jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Sinjai adalah Hipertensi dengan jumlah penerita terbaru 5.531 penderita, Ispa 4.440 orang, gastritis 2.182 orang, infulensa 2.157 orang, dematitis 1.385 orang, Common Cold 1.130 orang, batuk 1.055 orang, fansilitis 1.029 orang dan Asma 976 orang, demam 870 orang. Jumlah ini dari tahun 2017 sampai Maret 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai A Suryanto Asapa menyampaikan bahwa jumlah tersebut telah ditangani oleh petugas medis di 16 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sinjai dan di Rumah Sakit Umum Daerah.

Semakin menonjolnya Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti hipertensi, maka yang harus dilakukan adalah pola hidup sehat makanan dan minuman serta lingkungan dan perilaku hidup sehat.

"Pemeriksaan dini yang selalu dilakukan melalui Posbindu untuk masyarakat di desa. Kalau OPD dan Forkopimda Pemer Sehat yg dilaksanakan setiap bulan , kalau utk penyakit menular tentu masyarakat waspada terhadap musim hujan dan kemarau air bersih seperti penyakit DBD diare, batuk, demam," kata Suryanto Asapa. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help