Diminta Tegur 15 Legislator, KPU Bantaeng Ambil Dua Cara Ini

Rekomendasi tersebut berisi perintah untuk memberi teguran kepada 15 legislator Bantaeng yang kerap ikut kampanye.

Diminta Tegur 15 Legislator, KPU Bantaeng Ambil Dua Cara Ini
edi hermawan/tribunbantaeng.com
Ketua KPU Bantaeng, Andi Nurbaeti 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng mengambil dua langkah sebagai respon dari rekomendasi Panwaslu Bantaeng.

Rekomendasi tersebut berisi perintah untuk memberi teguran kepada 15 legislator Bantaeng yang kerap ikut kampanye tanpa mengajukan izin cuti.

"Merespon rekomendasi tersebut, kami mengambil dua upaya, karena rupanya dari 15 itu ada yang sudah mengajukan izin cuti," kata Ketua KPU Bantaeng, Andi Nurbaeti kepada TribunBantaeng.com, Minggu (15/4/2018).

Menurutnya dua langkah dimaksud adalah melakukan konsultasi dan koordinasi ke DPRD Bantaeng. Konsultasi itu untuk memastikan kepada Sekretaris DPRD terkait nama-nama legislator yang telah mengajukan cuti kampanye maupun belum.

Baca: Panwaslu Bantaeng Rekomendasikan 15 Legislator Kena Teguran

Baca: Diberi Rekomendasi Teguran, Sumangana: Tepuk Tangan Tiga Kali untuk Panwas

"Kita mau tau dulu siapa saja yang namanya ada dalam 15 legislator yang telah direkomendasikan Panwas untuk diberi teguran dan telah mengajukan izin cuti kampanye," tuturnya.

Sedangkan langkah kedua adalah memberi surat teguran kepada mereka yang hingga kini masih belum mengajukan izin cuti tapi sering ikut bahkan menjadi juru kampanye.

Sebelumnya, Panwaslu Bantaeng mengirimkan surat rekomendasi ke KPU Bantaeng agar memberi teguran kepada 15 legislator, karena dianggap melanggar UU No 10 tahun 2016 tentang Pilkada pasal 70 ayat (2), 71 ayat (1).

Serta melanggar PKPU No 4 tahun 2017 tentang kampanye Pilkada, pasal 63 dan Pasal 69 ayat (1) dan ayat (2). 15 legislator itu adalah Andi Irwan (NasDem), A Arasy Pakanna (Demokrat), A Alimbahri L Tana (Demokrat), A Nurhayati (PKB), A Harun Rani (Hanura), Juriati (Hanura), Nurwahida (Hanura),

Rahman Tompo (PKS), Muh Ridwan (PKS), M Darwis (PAN), Iriyanto (PAN) Husain Lamang (Gerindra), Marwani (Golkar), Asra (PKPI) dan Muh Asri (PKB).(*)

Penulis: Edi Hermawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help