Home »

Lutra

Pemkab Luwu Utara Komitmen Tingkatkan Produksi Kakao

Kegiatan yang dibuka Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani diikuti kelompok tani, gapoktan, kepala desa, dan fomakara.

Pemkab Luwu Utara Komitmen Tingkatkan Produksi Kakao
chalik mawardi/tribunlutra.com
Bappeda Luwu Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) Capacity Building Kakao, di Aula Bappeda, Jl Simpurusiang, Masamba, Jumat (13/4/2018). 

Laporan Wartawan TribunLutra.com, Chalik Mawardi

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terus berkomitmen meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman kakao.

Salah satu upaya yang dilakukan melalui Bappeda Luwu Utara adalah dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) Capacity Building Kakao di Aula Bappeda, Jl Simpurusiang, Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (13/4/2018).

Kegiatan yang dibuka Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani diikuti kelompok tani, gapoktan, kepala desa, dan fomakara.

"Kegiatan ini berlangsung sejak kemarin dengan kunjungan ke kebun petani. Yang membawa materi adalah dari BI, Dinas Perkebunan, Unhas, BMKG, dan PT Mars," ujar Kepala Bappeda, Rusydi Rasyid.

Baca: Ibu Bupati! Petani Kampung Kakao Butuh Bantuan Bibit

Baca: Intip Desa Batu Alang, Kampung Kakao di Luwu Utara

Bupati Indah menegaskan kakao merupakan ikon Luwu Utara. "Tugu Kakao yang ada di Desa Radda itu merupakan harga diri Kabupaten Luwu Utara dan juga sebagai identitas daerah kita," katanya.

"Komoditi kakao merupakan peningkatan devisa bagi daerah dan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat," ujarnya. Sebagai daerah penghasil kakao, produksi biji kakao kering di Luwu Utara sepanjang 2017 mencapai 26.274 ton.

Sementara luas tanaman kakao mencapai 39.410 hektare dengan rata-rata produktivitas 990 kilogram per hektare dalam setahun.

Tanaman kakao di Luwu Utara terdiri dari 7.511 hektare tanaman belum menghasilkan, 26.540 hektare tanaman menghasilkan, dan 5.358 hektare tanaman tua.(*)

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help