Dinas Pariwisata Sinjai Mulai Rancang Festival Pulau Sembilan

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mulai merancang festival Pulau Sembilan.

Dinas Pariwisata Sinjai Mulai Rancang Festival Pulau Sembilan
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Suasana Pulau Kanalo I dan II, Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau Sembilan saat Tim Tribun Timur Celebes Explor 2016 mengabadikan dari udara di Kabupaten Sinjai, Sulsel, Minggu (24/4/2016) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

TRIBUNSINJAI.COM, PULAU SEMBILAN - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mulai merancang festival Pulau Sembilan.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai Andi Mandasini menyampaikan bahwa saat ini sedang merancangnya festival Pulau Sembilan.

Pulau Larea-rea Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulsel, terekam drone Tim Celebes Explore 2016 Tribun Timur, Minggu (24/4/2016).
Pulau Larea-rea Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulsel, terekam drone Tim Celebes Explore 2016 Tribun Timur, Minggu (24/4/2016). (Sanovra JR/tribun-timur.com)

"Festival ini kita akan rencanakan digelar pada tahun 2019 mendatang dan saat ini sedang kami kumpulkan data-data kebudayaan pendukung yang akan difestifalkan nantinya," kata Andi Mandasini kepada TribunSinjai.com, Jumat (13/4/2019).

Pulau Kanalo I dan II, Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulsel, terekam drone Tim Tribun Timur Celebes Explore 2016, Minggu (24/4/2016).
Pulau Kanalo I dan II, Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulsel, terekam drone Tim Tribun Timur Celebes Explore 2016, Minggu (24/4/2016). (Sanovra JR/tribun-timur.com)

Sebagai persiapannya terus melakukan diskusi dengan para pegiat budaya dan literasi di Kabupaten Sinjai. Mandasini mengungkapkan bahwa dalam festival Pulau Sembilan ini merupakan yang pertama kalinya akan digelar di Kabupaten Sinjai.

Alasannya menempatkan pusat kegiatan di pulau tersebut karena Pulau Sembilan memiliki sembilan gugusan pulau yang memiliki eksotis dan mampu menjadi objek wisata pesaing wisata lainnya di Indonesia.

Gagasan tersebut pertama kali diwacanakan oleh para pegiat literasi di Sinjai, budayawan dan kelompok jurnalis di Kabupaten Sinjai awal Desember Tahun 2017 lalu. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help