TribunTimur/

Banyak Hotel Tak Tersertifikat MUI, Plt Bupati Bantaeng: Harus Ada Jaminan

Di Sulawesi Selatan baru ada tiga hotel yang telah tersertifikasi MUI, dua di Kota Makassar dan satu di Tanah Toraja.

Banyak Hotel Tak Tersertifikat MUI, Plt Bupati Bantaeng: Harus Ada Jaminan
Edi Hermawan/TribunBantaeng.com
Plt Bupati Bantaeng, Muhammad Yasin. 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Masih banyaknya hotel yang dapurnya belum mengantongi sertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) memunculkan respon oleh sejumlah pihak.

Salah satunya adalah Plt Bupati Bantaeng, Muhammad Yasin yang menyebutkan bahwa hotel harus memberi jaminan untuk pelanggannya.

"Kalau itu memang dipersyaratkan, yah hotel harus mengurus, sebab itu adalah bagian dari jaminan kepada pelanggan," ujarnya kepada TribunBantaeng.com, Jumat (13/4/2018).

Menurutnya, jika semua hotel telah memiliki sertifikat MUI, maka pelanggan pada hotel tersebut pun akan merasa nyaman bahwa makanan yang dikonsumsi itu sudah teruji kehalalannya.

Baca: Tidak Urus Sertifikasi Halal, Pengelola Hotel di Jeneponto: Kan Makanan Lokalji

Baca: Masih Ada Hotel Belum Kantongi Sertifikat Dapur Halal, Ini Kata Wakil Bupati Soppeng

MUI juga diharapkan mempermudah proses perizinan tersebut, sehingga tidak hanya pelanggan yang merasakan, tapi pengelola hotel juga lebih pro aktif.

"Masyarakat kan mengharapkan jaminan. Tapi ini perlu dukungan dari MUI juga biar proses perizinan bisa lebih mudah," tuturnya.

Sekedar diketahui, di Sulawesi Selatan (Sulsel) baru ada tiga hotel yang telah tersertifikasi MUI, dua di Kota Makassar dan satu di Tanah Toraja.(*)

Penulis: Edi Hermawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help