Hadapi Serbuan Tenaga Asing, LSP Politani Pangkep Tingkatkan Kompetensi Asesor

Perdagangan bebas MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) telah disepakati perjanjian antar Negara khususnya di sektor tenaga kerja.

Hadapi Serbuan Tenaga Asing, LSP Politani Pangkep Tingkatkan Kompetensi Asesor
HANDOVER
Ketua LSP Politani Pangkep A Yuslim Patawari saat berbincang dengan mantan Gubernur Sulsel Dr Syahrul Yasin Limpo di sebuah acara di Makassar beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Dalam rangka menghadapi persaingan dan maraknya serbuan tenaga kerja asing di Indonesia dan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)  2015, salah satu strategi yang ditempuh oleh Politeknik Pertanian Negeri (Politani)  Pangkep adalah membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan telah memperoleh lisensi BNSP Jakarta sejak Tahun 2015.

Perdagangan bebas MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) telah disepakati perjanjian antar Negara khususnya di sektor tenaga kerja.

Untuk meningkatkan Kompetensi dan memelihara kompetensi Asesor, akan diadakan Workshop Asesor yang rencananya dilaksanakan Rabu-Kamis,18 -19 April 2018 di Makassar.

Menghadirkan Narasumber Ketua Komisi Sertifikasi BNSP.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia agar dapat bersaing dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Banyaknya tenaga asing yang masuk di Indonesia kita mampu menghasilkan SDM yang kompeten," kata Ketua LSP Politani Pangkep, Andi Yuslim Patawari ditemui Tribunpangkep.com, Kamis (11/4/2018). 

Workshop dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada asesor berprestasi, pembagian baju seragam asesor dan pembekalan asesor untuk uji kompetensi bidikmisi/BNSP 2018 DIPA APBN.

Sumberdaya Lembaga Sertifikasi Politani Pangkep yang dimiliki sebanyak 121 Asesor Kompetensi , lead asesor 3 orang, asesor lisensi 3, master asesor 1 orang. Yang meliputi rumpun ilmu kelautan dan perikanan, Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Ekspor Import.

Rombongan Politeknik Negeri Padang (PNP) saat melakukan studi banding di kampus Politani Pangkep di Jl Poros Pangkep-Barru, beberapa waktu lalu.
Rombongan Politeknik Negeri Padang (PNP) saat melakukan studi banding di kampus Politani Pangkep di Jl Poros Pangkep-Barru, beberapa waktu lalu. (HANDOVER)

LSP Politani Pangkep menjalin Kerja sama sebagai TUK (Tempat Uji Kompetensi) mandiri sebanyak 6 TUK dari LSP P3 yaitu KP, LSP Peternakan, Aquakultur, Ekspor impor, Komputer dan Pertanian.
LSP Politani dengan program kerjasama tersebut telah melakukan sertifikasi sebanyak 2.000 Orang.

Ketua LSP Politani Pangkep A Yuslim Patawari saat berbincang dengan Gubernur Sulsel Dr Syahrul Yasin Limpo di sebuah acara di Makassar, beberapa waktu lalu
Ketua LSP Politani Pangkep A Yuslim Patawari saat berbincang dengan Gubernur Sulsel Dr Syahrul Yasin Limpo di sebuah acara di Makassar, beberapa waktu lalu (HANDOVER)

Termasuk di dalamnya mahasiswa/alumni, masyarakat, penyuluh dan pelaku usaha yang ada di Sulawesi.(TRIBUNPANGKEP.COM)

Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Mansur AM
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help