TribunTimur/

Ini Penyakit Pembunuh Nomor Satu Bagi Wanita Indonesia

Setiap harinya terdapat 40 wanita yang terdiagnosis kanker serviks dan 20 wanita di antaranya meninggal karena kanker verviks.

Ini Penyakit Pembunuh Nomor Satu Bagi Wanita Indonesia
hasrul/tribuntimur.com
Seminar Nasional Kesehatan Wanita dengan tema Keep Strong, Stay Healthy bersama Prodia di Karebosi Condotel Makassar, Sabtu (7/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan dengan angka kejadian yang tinggi, khususnya kanker serviks.

Indonesia menjadi negara tertinggi kedua dalam kasus penderita kanker serviks, setiap tahunnya tidak kurang dari 15.000 kasus.

Setiap harinya terdapat 40 wanita yang terdiagnosis kanker serviks dan 20 wanita di antaranya meninggal karena kanker verviks.

"Tahun 2016 terdapat 178 juta jiwa dan tahun 2017 terdapat 217 juta jiwa yang menderita kanker serviks," ungkap dokter spesialis kandungan dr Nugraha Utama Pelupessy SpOG (K).

Hal tersebut dipaparkan Nugraha saat Seminar Nasional Kesehatan Wanita dengan tema Keep Strong, Stay Healthy bersama Prodia di Karebosi Condotel Makassar, Sabtu (7/4/2018).

Baca: Prodia Gelar Seminar Nasional Kesehatan Wanita, Ini Tujuannya

Nugraha mengingatkan bahwa banyaknya angka kejadian kanker serviks membuat para wanita sangat perlu berhati-hati dengan menjaga pola hidup sehat.

"Saat ini kanker serviks menjadi pembunuh nomor 1 perempuan di Indonesia. Sudah banyak sekali kejadian kanker serviks menjadi 'warning' sendiri bagi para wanita," kata Nugraha.

"Namun kebanyakan wanita mengabaikan, tidak aware sejak awal sehingga ketika sudah muncul penyakit, baru mulai berobat," lanjut Nugraha.

Halaman
12
Penulis: Hasrul
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help