Pengadilan Negeri Takalar Terima 4 Calon Hakim Baru

Keempat cakim ini merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Mahkamah Agung pada Agustus 2017 lalu.

Pengadilan Negeri Takalar Terima 4 Calon Hakim Baru
ihsan/tribuntakalar.com
Gedung Pengadilan Negeri Takalar, Jalan Sudirman, Pattallassang, Takalar, Selasa (3/4/2018) siang 

Laporan Wartawan TribunTakalar.com, Muhammad Ihsan Harahap

TRIBUNTAKALAR.com, PATTALLASSANG - Pengadilan Negeri Takalar menerima 4 calon hakim (cakim) baru.

Keempat cakim ini merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Mahkamah Agung pada Agustus 2017 lalu.

Kepala Bidang Humas Pengadilan Takalar Dr. Amirul Faqih Hamzah mengatakan bahwa setelah ditetapkan sebagai Cakim, keempat orang tersebut kemudian menjalani acara Prajabatan dan Diklat.

"Mereka telah menjalani acara Prajabatan di Pusdiklat Megamendung Bogor pada 20-22 Februari 2017 serta pendidikan dan pelatihan (Diklat) di Balai Diklat Keagamaan Makassar pada 27-29 Maret 2018. Keempat Cakim tersebut kemudian ditempatkan di PN Takalar sejak Senin (2/4/2018)," kata Amril.

Selanjutnya, keempat Cakim tersebut akan menjalani masa Habituasi selama 80 hari kerja di PN Takalar dan akan diuji kembali pada Juli 2018 di Pengadilan Tinggi Makassar.

"Setelah diuji, mereka akan kembali ke PN Takalar dan bekerja sebagai Cakim selama 2 tahun. Setelah itu mereka akan menjalani ujian menjadi Hakim dan ditempatkan di PN tertentu oleh Mahkamah Agung," tutup Amril.

Keempat Cakim tersebut adalah Dr. Amaliah Aminah Pratiwi Tahir, SH, MH., Amirah Lahaya, SH, M.Kn., Firmansyah Amri, SH., St. Muflihah Rahmah, SH.

Salah seorang Cakim, Muh Firmansyah Amri (32) berharap bahwa pelayanan publik di PN Takalar bisa semakin meningkat dengan adanya 4 Cakim baru tersebut.

"Saya berharap kami berempat bisa memanfaatkan momentum ini untuk menambah pengetahuan dan pengalaman agar nantinya bisa menjadi hakim yang baik dan bijak" harap Firmansyah.

Penulis: Muhammad Ihsan Harahap
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved