TribunTimur/

Konsultasi Kesehatan

Usia Kehamilan 3 Bulan, Amankah Tidur Dengan Posisi Terlentang?

Posisi tidur pada wanita hamil diupayakan adalah posisi yg membuat ibu dan bayi nyaman

Usia Kehamilan 3 Bulan, Amankah Tidur Dengan Posisi Terlentang?
ist
Dr dr Nasrudin AM SpOG, Wakil Dekan I FK UMI melaporkan dari Makassar

Konsultasi Kesehatan

TANYA: +6281344675xxx
Selamat sore dok. Diusia kehamilan 2-3 bulan bolehkah posisi tidur terlentang? Soalnya kalo posisi miring malah susah tidur. Terima kasih dok.

Jawaban dokter spesial kandungan Dr dr Nasrudin AM SpOG MARS

Posisi tidur pada wanita hamil diupayakan adalah posisi yg membuat ibu dan bayi nyaman, pada perempuan hamil beban rahim dengan janin di dalamnya semakin lama semakin bertambah seiring perkembangan janin.

Sehingga secara anatomi membuat tulang belakang terbebani/sedikit membengkok dan Tari kan pada penggantung rahim dan Hal ini yang menyebabkan sebagian wanita merasa kurang nyaman dan sampai nyeri pada tulang belakang.

Rahim yang semakin membesar juga semakin mendesak /menekan aliran darah dan kelenjar dibagian belakang sehingga pada beberapa ibu mulai bengkak pada tungkai atau kakinya.

Hal ini juga menyebabkan aliran darah ke janin bisa berkurang. Semua hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan wanita hamil sulit tidur.

Posisi tidur yang memang dianjurkan pada wanita hamil adalah posisi miring sehingga beban tulang belakang dan penekanan pada pembuluh darah dan kelenjar bisa dimimalisasi sehingga kondisi ibu dan janin bisa lebih baik.(

Penulis: Hasrul
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help