TribunTimur/

Citizen Reporter

Market Day, SDIT Insantama Makassar Berdagang Ala Rasulullah

IMD merupakan salah satu kegiatan pembelajaran di luar ruang kelas yang dilaksanakan setiap semester oleh SDIT Insantama Makassar.

Market Day, SDIT Insantama Makassar Berdagang Ala Rasulullah
ist
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insantama Makassar, kembali melaksanakan kegiatan Insantama Market Day (IMD) di halaman depan gedung sekolah SDIT Insantama Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan Km 14 No.7 Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Rabu (21/3/18). 

Khadijah, Staf Guru SDIT Insantama

Melaporkan dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insantama Makassar, kembali melaksanakan kegiatan Insantama Market Day (IMD) di halaman depan gedung sekolah SDIT Insantama Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan Km 14 No.7 Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Rabu (21/3/18).

Tema kali ini berdagang ala Rasulullah.

IMD merupakan salah satu kegiatan pembelajaran di luar ruang kelas yang dilaksanakan setiap semester oleh SDIT Insantama Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk  mengajarkan kepada murid tentang tata cara bermuamalah sesuai dengan tuntunan Syari’at Islam, sebagaimana tema kegiatan.

Kegiatan IMD ini dilaksanakan dengan membagi tugas kepada murid, ada yang bertindak sebagai penjual dan ada yang bertindak sebagai pembeli.

Kelas IV, V dan VI sebagai penjual dan kelas I, II dan III sebagai pembeli.

Dalam proses jual beli yang dilakukan dalam kegiatan IMD ini dikemas dengan sangat menarik, karena murid maupun peserta IMD dari kalangan orangtua siswa dan masyarakat sekitar sekolah disuasanakan berada dalam suasana pasar dengan proses jual beli yang semua kelengkapan jual belinya sebagaimana yang biasa kita dapatkan di pasar pada umumnya dan pelakunya adalah pedagang-pedagang cilik.

Selain itu ada penampakan yang sangat unik dan sangat menarik yang  tidak biasa kita dapatkan di pusat-pusat jual beli kita selama ini yaitu adan yang Qadhi Hisbah (hakim di pasar) yang bertugas mengawasi proses jual beli agar sesuai dengan tuntunan Syari’at Islam sebagaimana tema yang diangkat, mulai dari barang yang diperjualbelikan apakah halal dan thayyib, memastikan proses jual beli agar tidak ada tindakan kecurangan, hingga memastikan kondisi pasar tetap kondusif terjaga kebersihannya.

Acara dibuka pada pukul 09.00 WITA dengan lantunan surah Al Fatihah oleh seluruh peserta IMD yang dipandu oleh Ibu Khadijah sebagai pengarah acara di panggung yang disiapkan oleh panitia dan yang bertindak sebagai Qadhi Hisbah adalah Ibu Herlin.

Kemudian menyaksikan beberapa penampilan persembahan tahfizh surah-surah tertentu dari Al Qur’an  dan nasyid dari kelas I, II dan III yang juga menjadi selingan saat kegiatan jual beli siswa (i) berlangsung. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan sekolah yang sangat dinanti oleh murid terlihat dari keceriaan mereka ketika kegiatan ini berlangsung hingga selesai.

Stand murid yang bertindak sebagai penjual, menjajakan berbagai macam barang dan makanan.

Mulai dari alat tulis sekolah hingga cemilan kegemaran murid.

Dalam kegiatan ini, tidak hanya murid yang menjadi pembeli pada kegiatan IMD, orangtua yang turut hadir pun ikut meramaikan dan tidak ketinggalan masyarakat sekitar sekolah juga turut hadir.

Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help