KPU Enrekang Bakal Buat TPS Ramah Penyandang Disabilitas

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Enrekang telah menetapkan 148.580 Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

KPU Enrekang Bakal Buat TPS Ramah Penyandang Disabilitas
AZIS ALBAR
Komisioner KPU Enrekang divisi data, Haslipa 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Enrekang telah menetapkan 148.580 Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

Dari jumlah tersebut, terdapat 1.102 pemilih merupakan penyandang disabilitas. Mereka tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Enrekang.

Jumlah tersebut terdiri dari Tuna Daksa; 196 orang, Tuna Netra; 170 orang, Tuna Rungu wicara; 199 orang, Tuna Grahita; 132 orang dan Disabilitas lainnya; 405 pemilih.

Menurut Komisioner KPU Enrekang divisi data, Haslipa, para pemilih disabilitas tersebut nantinya akan diberikan perlakuan khusus.

Perlakuan khusus yang dimaksudkan adalah lokasi penempatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus memudahkan mereka untuk ikut memilih.

Selain itu, para disabilitas juga bisa didampingi saat pencoblosan, dengan syarat harus diawasi oleh Panitia pengawas pemilu (Panwas).

"Jadi TPS yang terdapat pemilih disabilitas, akan dibuat khusus dan ramah agar memudahkan mereka untuk ikut memilih nantinya," kata Haslipa kepada TribunEnrekang.com, Jumat (16/3/2018).

Ia menjelaskan, hal itu dilakukan agar para penyandang disabilitas juga antusias ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Kita ingin agar seluruh masyarakat yabg sudah wajib pilih bisa menyalurkan hak pilihnya tanpa terkecuali, termasuk para penyandang disabilitas," ujarnya.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help