Tingkatkan Manajemen Mutu, PNUP Lakukan Audit Internal

Audit mutu internal ini menjadi yang ke-20 dan akan berlangsung selama 10 hari kerja mulai 12-23 Maret

Tingkatkan Manajemen Mutu, PNUP Lakukan Audit  Internal
HANDOVER
Dosen dan wakil tenaga kependidikan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar,mengikuti opening audit internal, Selasa (13/3/2018). 

Laporan Wartawab Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebanyak 47 unit kerja Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), diaudit internal untuk meningkatkan penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 sejak diterapkan setahun lalu.

Audit mutu internal ini menjadi yang ke-20 dan akan berlangsung selama 10 hari kerja mulai 12-23 Maret sekaligus sebagai persiapan audit eksternal resertifikasi SMM ISO 9001:2015 serta penerbitan sertifikat tahap ke-4 oleh PT Sai Global Indonesia yang dijadwalkan Mei.

"Audit internal menjadi sangat penting dalam suatu organisasi seperti PNUP sebagai salah satu perguruan tinggi negeri karena dalam proses tersebut dapat dimonitor sejauh mana penerapan sistem manajemen mutu dan efektivitasnya yang dilakukan mengacu pada standar SMM ISO 9001: 2015," kata Pembantu Direktur I PNUP Ibrahim Abduh, Selasa (13/3/2018) dalam rilis yang diterima Tribun.

Sementara Ir Hastami Murdaningsih selaku Kepala Unit Evaluasi Mutu Internal PNUP, mengatakan audit mutu internal untuk memastikan apakah prosedur yang ditetapkan oleh institusi telah dijalankan dan apakah sistem yang diterapkan berlaku efektif sehingga hasilnya mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap penilaian akreditasi program studi dan institusi.

"Audit internal bukanlah kegiatan yang dilakukan untuk mencari-cari kesalahan setiap unit, tetapi lebih sebagai proses pencegahan untuk mengurangi segala hal yang berpotensi menjadi risiko di masa yang akan datang,"kata Hastami.

Adapun sejumlah evaluasi yang dilakukan baik secara akademik maupun nonakademik yang terdiri dari kegiatan pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

Rangkaian audit internal PNUP dimulai dengan dengan opening meeting yang dihadiri sejumlah dosen dan tenaga kependidikan yang merupakan wakil jurusan, prodi, bagian dan unit yang akan diaudit. Setiap unit kerja akan diaudit sesuai jadwal dan auditor yang telah ditentukan selama dua minggi.

Pasca audit dan visitasi di setiap unit kerja akan dilakukan tindak lanjut hasil perbaikan jika terdapat hal-hal yang harus direvisi atau dilengkapi sesuai saran dari auditor. Hasil audit internal akan diumumkan dilaksanakan pada saat closing meeting 2 April 2018.

"Audit internal dilakukan untuk lebih mematangkan dan menyempurnakan manajemen yang terdapat pada semua unit kerja PNUP sebelum dilakukan audit eksternal oleh lembaga independen PT Sai Global Indonesia 2 April,"tutup Hastami. (*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help