Timsel Sulsel Sayangkan Kurangnya Minat Perempuan Jadi Anggota KPU di Toraja Utara

Hal ini, kata dia, menjadi pelajaran dan tanda tanya tentang minat masyarakat Toraja Utara dalam mengawal proses demokrasi.

Timsel Sulsel Sayangkan Kurangnya Minat Perempuan Jadi Anggota KPU di Toraja Utara
risna/tribuntoraja.com
Suasana pendaftaran calon Komisioner KPU Kabupaten Toraja Utara di Kantor KPU Toraja Utara, Jl Pongtiku No 31 Rantepao, Senin (12/3/2018). 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Tim seleksi (timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat menyayangkan kurangnya keterlibatan perempuan pada pendaftaran calon Anggota KPU Toraja Utara.

Hal itu dikatakan Timsel Zona Dua KPU Sulsel, Tasrifin Tahara saat ditemui di Kantor KPU Toraja Utara, Jl Pongtiku No 31 Rantepao, Sulawesi Selatan, Selasa (13/3/2018).

"Kuota 30 persen perempuan tidak terpenuhi di Toraja Utara. Ternyata minat perempuan untuk mengawal proses demokrasi sangat minim," katanya.

Menurutnya, budaya patriarki kemungkinan masih kuat di Toraja sehingga tidak melihat pekerja sebagai komisioner bisa dilakukan perempuan.

Baca: Hari Kelima, Sudah 17 Pendaftar di KPU Toraja Utara

Baca: 3 Komisioner KPU Toraja Utara Segera Berganti

Hal ini, kata dia, menjadi pelajaran dan tanda tanya tentang minat masyarakat Toraja Utara dalam mengawal proses demokrasi. Ini karena kualitas penyelenggaran pemilu dimulai dari pemilihan atau seberapa banyak minat orang sebagai penyelenggara pemilu.

"Namun inilah faktanya, kami tetap akan memproses selanjutnya melalui tes CAT di Makassar, kemudian ujian psikotes, kesehatan, dan wawancara," tuturnya.

Sekadar informasi, tercatat 21 pendaftar calon Anggota KPU Toraja Utara dengan rincian 19 laki-laki dan 2 perempuan.

Tim KPU Sulsel akan memplenokan untuk kelulusan pengumuman seleksi berkas di kabupaten/kota pada 15 Maret.(*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved