Home »

Gowa

Pilgub Sulsel 2018

Tak Penuhi Syarat, 15.936 Warga Gowa Tak Bisa Memilih di Pilgub Sulsel

Data ini sesuai hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) KPUD Gowa sejak Januari lalu.

Tak Penuhi Syarat, 15.936 Warga Gowa Tak Bisa Memilih di Pilgub Sulsel
WA ODE NURMIN
Uji Publik Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan di aula KPUD Gowa, Selasa (13/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA- Sebanyak 15.936 warga Gowa dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai pemilih dalam Pilgub 2018.

Data ini sesuai hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) KPUD Gowa sejak Januari lalu.

Komisioner Divisi Data KPUD Gowa, Muchtra Muis mengatakan jumlah tersebut adalah warga yang tidak memiliki KTP Elektronik.

Baca: KPUD Gowa Gelar Uji Publik DPHP

"Kurang lebih 15.936 non KTP elektronik. Ada namanya tapi belum ada KTP-el nya. Maksudnya saat pencoklitan mereka ada hanya tidak bisa menunjukkan identitasnya. Seperti dia menikah di Gowa tapi KTP nya Bulukumba, itu tidak bisa kami akomodir," katanya usai Uji Publik Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan di aula KPUD Gowa, Selasa (13/3/2018).

Baca: Ngobi Bareng, Kabid Humas Polda Sulsel dan Polres Gowa Silaturahmi dengan Awak Media Gowa

un lanjut Muchtar sudah dikirim ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa.

"Nanti pihak Capil yang akan cek apakah mereka ini masuk sebagai warga Gowa atau tidak. Kami sudah kirim soft file ke mereka dan tunggu koordinasi selanjutnya," katanya lagi.

Setelah uji publik ini, KPU berharap agar para pimpinan parpol dan tim pemenangan calon, untuk segera mencermati pemilihnya.

Baca: Seperti Kubangan Kerbau, Warga Simboro Keluhkan Jalanan Menuju Kantor Gubernur Sulbar

"Jangan sampai masih ada pemilih yang belum sempat terdata. Jadi parpol dan tim pemenangan bisa dicek langsung. Lalu masukkan dan koreksi kalau belum ada dengan mendatangi petugas PPDH kami," lanjutnya.

Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada 24 Maret sampai 2 April 2018.(*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help