Lingkungan Gusung Bantaeng Disulap Jadi Lorong Cantik

Kampung yang dikenal kumuh itu kini diubah menjadi lorong yang cantik, dindingnya dipenuhi lukisan hasil karya kreatif warga.

Lingkungan Gusung Bantaeng Disulap Jadi Lorong Cantik
edi hermawan/tribunbantaeng.com
Plt Bupati Bantaeng, Muhammad Yasin resmikan infrastruktur skala lingkungan yang merupakan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Lingkungan Gusung, Kelurahan Lamalaka, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulsel, Selasa (13/3/2018). 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Plt Bupati Bantaeng, Muhammad Yasin meresmikan infrastruktur skala lingkungan yang merupakan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Lingkungan Gusung, Kelurahan Lamalaka, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Selasa (13/3/2018).

Kampung yang dikenal kumuh itu kini diubah menjadi lorong yang cantik, dindingnya dipenuhi lukisan hasil karya kreatif warga dan pemuda sekitar.

Program Kotaku tersebut digagas 2016 dan diberi anggaran sebesar Rp 500 juta dan diharapkan menjadi contoh bagi semua perkampungan kecil yang ada di Bantaeng.

Perwakilan Satker PIP Sulawesi Selatan (Sulsel), Mustaba pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa Kotaku adalah sebuah program yang dilaksanakan pada 2.629 kabupaten/kota di 34 provinsi.

"Maksud dan tujuannya yakni membangun sistem yang terpadu untuk pemukiman kumuh. Pemda bersama pemangku kepentingan bekerjasama memperindah kampung dan mengedepankan partisipasi masyarakat," tuturnya.

Baca: Baru Dua Hari Jadi Bupati Bantaeng, Ini Gebrakan Muhammad Yasin

Baca: Muhammad Yasin Perkuat Tim hingga TPS Lewat Rumah Bersama

Sementara itu, Muhammad Yasin dalam sambutannya mengatakan bahwa program ini dapat menciptakan daya saing dan kemandirian di Kampung Gusung dalam percepatan kesejahteraan masyarakat.

"Ini akan meminimalkan kesenjangan wilayah. Kami tentu sangat mengapresiasi program ini khususnya dalam hal pengembangan lingkungan, dengan komitmen dan kepedulian yang tinggi," jelasnya.

Menurutnya, program ini akan dilaksanakan secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia, dengan harapan agar masyarakat dapat mempertahankan bahkan melanjutkan yang sudah ada.

"Program Kotaku ini sangat bergantung pada partisipasi masyarakat dan semua kegiatan pembangunan yang telah dibangun, diharapkan menjadi aset Pemda dan masyarakat untuk dipelihara sebaik-baiknya," katanya.

Turut hadir pada persemian Ketua TP PKK, Aisyah Yasin, Kapolres Bantaeng, Adip Rojikan, Kajari Bantaeng, Johan Iswahyudi, serta segenap jajaran OPD lingkup Pemkab Bantaeng.(*)

Penulis: Edi Hermawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved