Home »

Gowa

Kadisdik Gowa Jadi Pembicara Diskusi Program Indonesia Pintar di Jakarta, Bahas Ini

Peserta diskusi adalah perwakilan Guru Kepala sekolah, Pengawas, Komunitas, Pengambil kebijakan, Peneliti, Orangtua dan siswa.

Kadisdik Gowa Jadi Pembicara Diskusi Program Indonesia Pintar di Jakarta, Bahas Ini
Wa Ode Nurming/Tribun Timur
Kepala Dinas Pendidikan Gowa dr Salam 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA- Kepala Dinas Pendidikan Gowa, dr Salam, menjadi satu dari lima pembicara dalam Diskusi Publik Pendidikan yang diselenggarakan Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK) jilid XI di Perpustakaan Kemdikbud RI Gedung A Lt. 1, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan-Jakarta 10270, Senin (12/3/2018).

Diskusi itu membahas tentang serba serbi Program Indonesia Pintar (PIP) yang sudah diterapkan sejak 2014.

Dan apakah PIP sudah berhasil membantu meningkatkan akses anak-anak Indonesia terhadap pendidikan?

"Saya diundang sebagai narasumber untuk membicarakan PIP di Jakarta," katanya.

Adapun jumlah peserta diskusi adalah perwakilan Guru Kepala sekolah, Pengawas, Komunitas, Pengambil kebijakan, Peneliti, Orangtua dan siswa.

Sebagai narsum, dr. Salam akan membahas bagaimana pendataan anak penerima KIP khususnya anak-anak putus sekolah di Kab. Gowa.

"Yang saya bahas juga tentang bagaimana penyaluran KIP di Kab. Gowa?, dan Apa saja hambatan yang terjadi dalam penyaluran dan pencairan KIP di Kabupaten Gowa," ujarnya lagi.

Selain dr. Salam, narsum lain yakni Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D. (Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah). Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, MA (Direktur Jenderal Pendidikan Islam).

Nisa Felicia Faridz, Ph. D. (Peneliti PSPK) dan Najelaa Shihab (Moderator- Peneliti PSPK).

Tujuan diskusi itu berdasarkan Beranda PSPK dengan topik kemerdekaan guru adalah Mengetahui konsep Program Indonesia Pintar (PIP), Mengetahui gambaran implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) terkait pendataan, penyaluran, pencairan, penggunaan, serta evaluasi dan monitoringnya; dan Merumuskan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas PIP.

Dari data PSPK, melalui PIP pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 9,344 triliun untuk diberikan kepada 17,9 juta anak Indonesia.(*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help