JK Sebut HMI Setara dengan NU, Ini Respon Aktivis PMII Pinrang

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyebut HMI pantas disetarakan dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah

JK Sebut HMI Setara dengan NU, Ini Respon Aktivis PMII Pinrang
HANDOVER
Muh Rizal Alyas 

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, Hery Syahrullah

TRIBUNPINRANG.COM, WATANG SAWITTO - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyebut HMI pantas disetarakan dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, dengan diangkatnya Lafran Pane sebagai pahlawan nasional.

Pernyataan itu diucapkan JK saat mengahdiri acara Pelantikan Pengurus Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Minggu (11/3/2018) kemarin.

Statement itu pun menuai kritik dari berbagai kalangan. Tak terkecuali Ketua PMII Komisariat Prof KH Muiz Kabry STKIP DDI Pinrang, Muh Rizal Alyas.

Ia sangat menyayangkan sikap JK yang merupakan anggota aktif NU, tiba-tiba membandingkan kiprah ormas Islam terbesar di Indonesia dengan level HMI.

"Jusuf Kalla tidak menyadari sejarah bangsa, bahkan mungkin harus banyak belajar sejarah lagi. apalagi soal keterlibatan NU dalam deklarasi bangsa. Masa HMI yang baru kemarin disamakan dengan NU," ujarnya kepada TribunPinrang.com, Senin (12/3/2018).

Menurut Rizal, Jusuf Kalla mesti meminta maaf atas statemen kelirunya itu, jika tidak ingin keluarga besar NU Se-Indonesia turun jalan.

"OKP tersebut belum bisa dikatakan memiliki kontribusi besar dan signifikan terhadap negeri ini. Apalagi harus disetarakan dengan ormas yang memiliki andil besar untuk Indonesia," keluhnya

Rizal mengkhawatirkan, pernyataan JK itu akan menjadi boomerang dan berdampak pada hubungan antara HMI dengan OKP setingkatnya, seperti PMII.

"Ini bisa berdampak pada harmonisasi antara PMII sebagai organisasi yang didirikan oleh warga NU dan HMI di tingkat bawah," tandasnya.(*)

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help