Citizen Reporter

Pangdam XIV Hasanuddin dan LDII Gelar Pengajian Bersama

Silaturahmi dan pengajian di rujab pangdam, kata Mayjen Agus, untuk mempererat persaudaraan

Pangdam XIV Hasanuddin dan LDII Gelar Pengajian Bersama
Citizen Reporter
Mayjen Agus Sueya Bakti saat pengajian bersama Kodam XIV Hasanuddin dengan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Selatan di Rumah Jabatan (Rujab) Pangdam XIV Hasanuddin, Jalan Sungai Tangka, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (8/3/2018). 

Citizen Report, Ilmaddin Husain Wakil Sekretaris LDII Sulsel Melaporkan dari Makassar

MAKASSAR – Sinergi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan organisasi kemasyarakatan (ormas), khususnya ormas islam perlu terus dibangun.

Ormas dinilai memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu, ormas berperan dalam menumbuhkembangkan jiwa bela negara.

Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengungkapkan, peran ormas sejauh ini cukup baik.

“Ormas punya komitmen terhadap keamanan dan ketertiban di Provinsi Sulawesi Selatan. Kita selalu bekerjasama dengan ormas dalam menanamkan jiwa perjuangan dan jiwa bela negara,” kata Mayjen Agus disela-sela pengajian bersama Kodam XIV Hasanuddin dengan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Selatan di Rumah Jabatan (Rujab) Pangdam XIV Hasanuddin, Jalan Sungai Tangka, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (8/3/2018).

Pengajian digelar pukul 17.00 Wita hingga pukul 21.00 Wita.

Hadir dalam pengajian, Ketua LDII Sulawesi Selatan Drs Hidayat Nahwi Rasul MSi dan beberapa wakil ketua diantaranya Dr Abri MP, Dr Sanusi Fattah SE MSi, Ishak Andi Ballado SE, dan Drs Renreng Tjolli MAg. Hadir pula pejabat utama Kodam XIV Hasanuddin, pengurus LDII, dan anak Panti Asuhan Bustanul Islamiah. Dalam pengajian, dai LDII Ustaz Arda Usman SPdI MAg menyampaikan kajian manajemen waktu. Sedangkan Ustaz Ahmad Jauhar menyampaikan tausyiah tentang ketakwaan.

Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengatakan, di setiap kamis, pihaknya secara bergantian mengundang kelompok-kelompok masyarakat mengikuti pengajian.

“Kita mengundang ormas, birokrat, ulama, dan siapa saja yang menjadi partner kodam dalam menciptakan kedamaian. Alhamdulillah, responnya cukup baik. Silaturahmi ini menghasilkan sebuah hubungan yang baik untuk masa depan,” kata jenderal bintang dua ini.

Silaturahmi dan pengajian di rujab pangdam, kata Mayjen Agus, untuk mempererat persaudaraan. “Tujuan utama pertemuan ini adalah silaturahmi. Dengan dakwah yang damai, kita menguatkan ukhuwah islamiah. Walaupun masih ada ormas tertentu yang belum bisa kita ajak kerjasama,” katanya.

Sementara itu, Ketua LDII Sulawesi Selatan Hidayat Nahwi Rasul mengemukakan, menghadapi momen pilkada serentak, potensi tersebarnya hoaks semakin besar. “Saat ini kita berhadapan dengan momen pemilihan kepala daerah dan presiden yang rawan melahirkan hoaks. Kalau kita memperbanyak silaturahmi, maka hal tersebut mengurangi hoaks,” papar Hidayat yang juga Ketua DPP LDII.

Sebagai ketua LDII, saya mengganggap bahwa hoaks bisa diatasi dengan melakukan silaturahmi. Kita mengembankan metode komunikasi yang sehat. “Dalam komunikasi, tidak boleh ada dusta. Bahwa silaturahmi ini kita kembangkan sebagai metode komunikasi dari nenek moyang kita. Kalau di Sulawesi Selatan ada yang disebut tudang sipulung,” ujarnya.

Sebaliknya, jika mengurangi silaturahmi, maka hoaks akan hidup dimana-mana. Yang bisa menjawab hoaks adalah silaturahmi. “Dengan berkumpul dan bertatap muka secara langsung, maka tidak ada hoaks di antara kita. Tidak ada hoaks antara saya dan Bapak Panglima. Terima kasih Bapak Panglima karena telah mengundang kami datang bersilaturahmi dan mengikuti pengajian,” ujar Hidayat yang juga Ketua Forum Telematika Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini.

Dalam forum pengajian bersama Kodam XIV Hasanuddin dan LDII tersebut, Hidayat menyampaikan terima kasih kepada Pangdam XIV Hasanuddin atas dukunganya selama ini. “Terima kasih atas kerjasamanya selama ini, sehingga LDII bisa menggelar musyawarah daerah di 11 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Semua itu berkat dukungan panglima,” papar Hidayat.

Menurut rencana, LDII Wajo dalam waktu dekat akan menggelar musda. “Dandim Wajo Insya Allah akan hadiri musda LDII. Salam hormat dari teman-teman di daerah,” kata Hidayat. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved