Kisah Jamaluddin, Pemuda Takalar Peraih Beasiswa Bergengsi Chinese Government Scholarship

Alumni SMAN 3 Takalar ini mendapatkan gelar Sarjana Sains dalam bidang Geofisika dari Universitas Hasanuddin

Kisah Jamaluddin, Pemuda Takalar Peraih Beasiswa Bergengsi Chinese Government Scholarship
HANDOVER
Jamaluddin di kampus China University of Petroleum, Qingdao, Tiongkok. 

Laporan Wartawan TribunTakalar.com, Muhammad Ihsan Harahap

TRIBUNTAKALAR.COM, PATTALLASSANG- Kabupaten Takalar seperti tidak kehabisan stok pemuda inspiratif. Selain sosok Syamsuddin Yunus (22) pengusaha muda pemilik Ampa Bakery terdapat sejumlah pemuda inspiratif lain dari kabupaten yang terkenal dengan julukan 'Butta Panrannuangku' ini. 

 Salah satunya adalah Jamaluddin (24), warga Polombangkeng Utara yang sekarang sedang melanjutkan studi master di Tiongkok. Pria yang akrab dipanggil Jamal ini mendalami studi Geologi dan Eksplorasi Minyak Bumi di China University of Petroleum, sebuah kampus yang terletak di Qingdao, kota di bagian timur Tiongkok.

Baca: Inspiratif, Ini Kisah Perjuangan Pemuda Takalar Membangun Bisnis Donat Ampa Bakery

Jamal yang dihubungi TribunTakalar.com mengisahkan perjuangannya dalam menuntut ilmu hingga bisa mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Tiongkok untuk mengenyam pendidikan S2 di Negeri Tirai Bambu. 

Jamal lahir di Takalar pada 26 Januari 1994. Pendidikan dasar hingga tingkat menengah ia selesaikan di Takalar. Alumni SMAN 3 Takalar ini mendapatkan gelar Sarjana Sains dalam bidang Geofisika dari Universitas Hasanuddin (Unhas) pada tahun 2016.

 Selama di Unhas, ia aktif dalam berbagai organisasi. Di antaranya sebagai Presiden di Science Community Locus (SC-Locus), Rumah Kepemimpinan, Himpunan Ahli Geologi Indonesia, dan beberapa organisasi lainnya.

Baca: Kisah Ahmad Sahide, Pemuda Bulukumba Lulus Cumlaude di UGM, Jual Kebun dan Terkadang Utang

 “Alhamdulillah. Saya merasakan manfaat besar dari berorganisasi. Kemampuan dalam hal manajerial banyak saya dapatkan dari pengalaman berorganisasi,” jelas Jamal.

 Meski aktif berorganisasi, Jamal tidak ketinggalan dalam hal prestasi. Jamal pernah memenangi berbagai kompetisi dan beasiswa, di antaranya sebagai Juara I Mahasiswa Berprestasi FMIPA Unhas, Juara I Pertamina Olympiad for Science Project, Juara II Indonesian Youth Science Festival, peraih beasiswa Bidik Misi, beasiswa PPSDMS, hibah penelitian Tanoto Research Award dan banyak lagi lainnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Ihsan Harahap
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved