CITIZEN REPORTER

BIPA UMI Bakal Kirim Mahasiswi Magang ke Thailand

Mengikuti magang di Private Islamic Schools Assosiation of Songkhla, Thailand

BIPA UMI Bakal Kirim Mahasiswi Magang ke Thailand
CITIZEN REPORTER
Sekretaris BIPA-UMI, Dr Muliady 

Citizen Reporter, Muhammad Riswan Hulalata, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI melaporakn dari Makassar

MAKASSAR - Panitia Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Universitas Muslim Indonesia (UMI), bakal mengirim mahasiswi mengikuti magang di Private Islamic Schools Assosiation of Songkhla, Thailand pada 9 Mei 2018 mendatang.

Hal ini sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan panitia BIPA-UMI, di mana dalam pengumuman pendaftaran bagi mahasiswi yang duduk di semester enam di Fakuktas Sastra dan Akademi Bahasa Asing di tahun 2018 untuk ikut magang ke luar negeri tepatnya di Thailand selatan.

Sekretaris BIPA-UMI Dr Muliady membenarkan, magang ke Thailand merupakan hasil kerja sama antara BIPA-UMI bersama Private Islamic Schools Assosiation of Songkhla, Thailand, dan BIPA-UMI merupakan keterwakilan kampus di Indonesia Timur.

"Ini merupakan pertama kali kami akang mengirim mahasiswa magang ke Thailand dan akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya," ujarnya saat di temui di ruangan BIPA-UMI, Kamis (8/3/2018).

Muliady juga megatakan, sampai saat ini sudah ada sekitar lima mahasiswa yang mendaftarkan diri, dan panitia akan menunggu hingga tanggal 15 Maret kepada mahasiswa yang ingin ikut magang yang ingin juga mencari pengalaman di luar negeri.

"Untuk pertama, di khususkan bagi perempuan, jumlahnya 5 orang saja, yang fasih berbahasa inggris, lama ppl atau magangnya selama 5 bulan, dimulai sejak 10 mei hingga 10 oktober 2018 mendatang," jelas Muliady.

Ketua Divisi pengajaran BIPA, Dr Kasma F Amin menambahkan mahasiswa yang akan ke thailand akan secara otomatis di bebaskan dari magang dan KKN karena secara langsung mahasiswa sudah dikatakan mengikuti magang dan KKN.

"Jadi hal ini juga secara langsung, laporan dari LPMD, selama ppl atau magang disana akan secara langsung mahasiswa tersebut sudah dikatakan KKN dan Magang," ujarnya.

Selama disana pun akan dilakukan pendampingnya dari BIPA, dan kemuadian biaya hidup di tanggung dari sekolah di thailand.

"Harapan saya, amanah yang sudah diberikan kepada kami maupun kepada mahasiswa disana agar dapat melaksanakan kegitannya dengan baik, serta kerja sama ini juga sebagai langkah awal mengirim mahasiswa dari Sastra dan ABA magang Internasional," pungkas Muliady.

Adapun fasilitas yang di tawarkan berupa biaya hidup (living cost) sebesar 4.000 bath, disediakannya asrama serta visa dan pengurusan sewaktu berada di Thailand.

Selain itu Persyaratan yang harus dipenuhi yakni, Mahasiswa UMI minimal semester enam (2018), foto copy kartu mahasiswa, dapat mengajarkan bahasa indonesia yang baik dan benar, dapat berbahasa inggris, bersedia tinggal di thailand selama lima bulan dengan surat pernyataan bermaterai, dan diutamakan dari fakultas Sastra dan ABA UMI.

Adapun tempat pendaftaran berlokasi di kantor BIPA-UMI, tepatnya di ruangan dosen Fakultas Sastra Kampus II UMI, dan pendaftaran dibuka hingga tanggal 15 Maret 2018. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help