25 Sarjana SPD dan TPD UMI Dilatih Berdakwah, Ini Pematerinya

Pelatihan tersebut dibuka Rektor UMI Prof Masrurah Mokhtar didampingi Ketua LPMD UMI Prof Salim Basalamah di aula LPMD Gedung Menara UMI lantai 3.

25 Sarjana SPD dan TPD UMI Dilatih Berdakwah, Ini Pematerinya
munawwarah/tribuntimur.com
Sebanyak 25 Sarjana Pengabdi Desa (SPD) dan Tenaga Pengabdi Desa (TPD) dari desa binaan Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengikuti Pelatihan Dai dan Daiyah selama sehari. 

Laporan Wartawan Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Sebanyak 25 Sarjana Pengabdi Desa (SPD) dan Tenaga Pengabdi Desa (TPD) dari desa binaan Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengikuti Pelatihan Dai dan Daiyah selama sehari.

Desa binaan UMI yang berasal dari Kabupaten Enrekang, Gowa, Jeneponto, Luwu timur, Maros, Takalar dan Gowa, itu dilaksanakan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI, Kamis (8/3/2018).

Pelatihan tersebut dibuka Rektor UMI Prof Masrurah Mokhtar didampingi Ketua LPMD UMI Prof Salim Basalamah di aula LPMD Gedung Menara UMI lantai 3.

Rektor UMI Prof Masrurah Mokhtar mengatakan, kegiatan tersebut sangat dibutuhkan sebagai bekal dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pengabdi di desa binaan UMI, khususnya dalam melaksanakan kegiatan dakwah di tengah-tengah masyarakat.

Baca: Dibantu Mahasiswa FTI UMI, Siswa SMK Luwu Utara Ambil Data di Gowa

"Kita berharap, informasi dan pengetahuan yang diperoleh selama pelatihan dapat diimplementasikan, sehingga kualitas dan keterampilan dalam berdakwah semakin baik sebelum turun ke lapangan," kata Masrurah.

Masrurah juga mengingatkan, seorang pendakwah harus menguasai bahasa dengan tutur kata yang baik, sehingga apa yang disampaikan kepada masyarakat lebih mudah diterima.

Dan berdakwah tidak harus dengan kata-kata dan himbauan, tetapi juga dengan perbuatan.

“Satu kata dengan perbuatan, itu dakwah yang efektif,"tambah Masrurah.

Baca: 54 Mahasiswa Teknik Pertambangan Uncen Papua Kuliah di UMI, Ini yang Dipelajari

Ketua LPMD UMI Prof Salim Basalamah mengatakan, pelatihan bertujuan memberi keterampilan kepada tenaga pengabdi (SPD & TPD) di desa binaan UMI.

Sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan kualitasnya lebih meningkat, sehingga lebih profesional dalam melaksanakan tugas pengabdian, khususnya dalam kegiatan dakwah kepada masyarakat.

Selama pelatihan, peserta akan menerima materi antara lain, Metode Dakwah oleh Dr Arfah Shiddiq, Praktikum Dakwah oleh Dr Musafir Thahir dan Teknik Penyelenggaraan Jenazah oleh Drs Abd Rauf Assagaf.(*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help