NH Wacanakan Gowa Jadi Kota Madya, Ini Tanggapan Bupati Adnan Purichta Ichsan

Adnan mempersilakan Ketua DPD I Golkar Sulsel itu untuk lebih fokus mengurusi kampungnya.

NH Wacanakan Gowa Jadi Kota Madya, Ini Tanggapan Bupati Adnan Purichta Ichsan
WA ODE NURMIN
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menanggapi wacana calon Gubernur Sulsel Nurdin Halid yang akan merubah status administrasi Gowa dari kabupaten menjadi kota madya.

Di hadapan beberapa media yang menemuinya, Adnan mempersilakan Ketua DPD I Golkar Sulsel itu untuk lebih fokus mengurusi kampungnya.

"Kalau saya lebih bagus pak Nurdin fokus dulu di Bone Selatan yang dari dulu sudah diteriakkan," katanya santai usai membuka Forum Konsultasi Publik dan Forum Perangkat Daerah Lintas Perangkat Daerah Rancangan RKPD 2018 di Baruga Karaeng Galesong, Rabu (7/3/2018).

Dia menyebutkan, Kabupaten Bone sebagai kampung NH sejak dulu juga ingin dimekarkan menjadi Bone dan Bone Selatan.

Baca: Nurdin Halid Wacanakan Ubah Gowa Jadi Kota Madya

Termasuk Luwu yang digemborkan ditambah menjadi Luwu Tengah.

"Pak Nurdin sebagai representase orang Bone harusnya fokus itu dulu. Jangan mi dulu urusi Gowa. Urus mi dulu Bone," ujarnya kemudian berlalu.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, Muchlis yang ditemui di luar ruangan, juga menjelaskan jika Gowa belum bisa masuk kedalam kategori kota madya.

"Jadi untuk membuat kabupaten jadi kota itu harus bercirikan urban. Dan di Gowa itu 40 persen wilayahnya masih lahan pertanian dan 60 persen penduduk Gowa adalah petani," ujarnya.

"Jadi Gowa belum bisa dijadikan kota, sementara syarat menjadikan daerah sebagai kota itu harus minimal empat kecamatan bercirikan urban. Kita Gowa baru dua kecamatan, Somba Opu dan Pallangga," tutur Adnan menambahkan.(*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved