Baznas Enrekang Bantu Pengembangan Usaha Gula Semut di Desa Karrang

Baznas Enrekang bakal membantu pengembangan usaha produk olahan pangan lokal berupa gula semut dan laccu atau kolang kaling.

Baznas Enrekang Bantu Pengembangan Usaha Gula Semut di Desa Karrang
handover
Gula Semut, salah satu produk olahan pangan lokal masyarakat Desa Karrang, Kecamatan Cendana, Enrekang. 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Produk olahan pangan lokal masyarakat Desa Karrang, Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, dilirik oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang.

Baznas Enrekang bakal membantu pengembangan usaha produk olahan pangan lokal berupa gula semut dan laccu atau kolang kaling.

Menurut Komisioner Enrekang'>Baznas Enrekang, Baharuddin, produk olahan masyarakat tersebut bisa bernilai ekonomi tinggi jika dikelola dengan baik.

Sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan menunjang program pengentasan kemiskinan yang diusung oleh Baznas.

Baca: Baznas Enrekang Salurkan Bantuan Bedah Rumah di Masalle, Ini Penerimanya

Baca: Baznas Enrekang Bantu Janda Miskin yang Hidup Sebatang Kara di Rumah Kebun

"Saat ini kita didorong melakukan inovasi desa, karena itu kami coba kembangkan One produk One Village dan kita ingin tunjang skill masyarakat kita" kata Baharuddin dalam rilisnya ke TribunEnrekang.com, Minggu (4/3/2018).

Ia menjelaskan, keunggulan Desa karrang yaitu pohon Enau atau aren yang menjadi bahan dasar produk sangat melimpah dan cocok dengan kondisi wilayahnya.

Untuk itu, pihaknya akan memberikan pelatihan dan bantuan dalam pengembangan produk olahan gula semut dan Laccu.

"Inshaallah kita akan latih petani penyadap membuat gula semut dengan menghadirkan satu satunya pemegang merek gula semut di Indonesia, yaitu pak Hasan sekaligus dia juga yang akan membeli produkti gula setelah jadi nantinya," jelasnya.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved