Harga Beras, Cakalang, Bandeng Hingga Rokok Naik Picu Inflasi Sulsel

Sedangkan, andil kelompok pengeluaran yang memberikan sumbangan inflasi pada Februari 2018, yakni kelompok bahan makanan

Harga Beras, Cakalang, Bandeng Hingga Rokok Naik Picu Inflasi Sulsel
TRIBUN TIMUR/SAKINAH SUDIN
ILUSTRASI: Bagan inflasi Sulsel per tahun 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat pada Februari 2018, terjadi inflasi sebesar 0,25 persen sedikit di atas nasional 0,17 persen.

Sedangkan, tingkat inflasi secara tahunan di Sulsel di angka 3,57 persen di atas nasional di angka 3,18 persen.

Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam menuturkan, inflasi yang terjadi di Sulsel pada Februari 2018 ini disebabkan naiknya harga pada lima kelompok pengeluaran.

"Kelimanya yakni bahan makanan sebesar 0,76 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0.37 persen, perumahan 0,05 persen, kesehatan 0,09 persen, serta pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,11 persen," katanya.

Secara rinci, komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Februari 2018 antara lain, beras, ikan cakalang, ikan bandeng, cabe merah, rokok putih, pemeliharaan/service, ikan layang, rokok kretek filter, bawang putih dan tomat buah.

Sedangkan, andil kelompok pengeluaran yang memberikan sumbangan inflasi pada Februari 2018, yakni kelompok bahan makanan sebesar 0,1933 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau 0,0591 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 0,0097 persen, kelompok kesehatan 0,0034 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga 0,0076 persen.

Ada yang naik, tentu ada yang turun. "Kelompok sandang dan kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan mengalami penurunan masing-masing sebesar 0,07 persen dan 0,22 persen," kata Nursam.

Untuk komuditas yang mengalami penurunan harga yakni angkutan udara, bahan bakar rumah tangga, daging ayam ras, pisang, sawi hijau, kacang panjang, bawang merah, wortel, bayam dan gula pasir.

"Andil kelompok sandang turun sebesar 0,0057 persen dan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,0395 persen," ujarnya.

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved