Pilwali Makassar

Maqbul Sebut Gugatan Appi-Cicu Sudah Ditolak Sejak Didaftarkan

Sidang musyawarah penyelesaian sengketa di Panwaslu Kota Makassar, berakhir dengan putusan menolak gugatan

Maqbul Sebut Gugatan Appi-Cicu Sudah Ditolak Sejak Didaftarkan
maqbulhalim.blogspot.com
Maqbul Halim 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sidang musyawarah penyelesaian sengketa di Panwaslu Kota Makassar, berakhir dengan putusan menolak gugatan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu), Senin (26/2/2018).

Usai putusan dibacakan, kantor Panwaslu Makassar langsung ditinggalkan para pendukung dari kedua belah pihak yang sebelumnya memadati sekitar kantor yang beralamat di Jl Anggrek tersebut.

Tim dari kubu tergugat pasangan nomor urut 1 Danny Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) juga hadir, kecuali Panglima Squadron DIAmi, Maqbul Halim.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Maqbul mengaku tak hadir karena sudah mengetahui bahwa hasil akhir keputusan itu akan menolak permohonan Appi-Cicu.

Apalagi, kata mantan caleg Partai Golkar ini, gugatan itu sudah diyakini para ahli bahwa tidak prosedural dan cacat hukum.

Menurut Maqbul, panwaslu telah memahami prosedur sehingga gugatan Appi-Cicu ditolak sejak awal.

"Saya dapat informasi dari internal Panwas sebelumnya. Pada awalnya, Panwas Makassar ingin menolak hari itu juga, saat tim Appi-Cicu daftarkan permohonannya," kata Maqbul.

Maqbul menceritakan, informasi yang dimilikinya bahwa Panwas Makassar konsultasi ke Bawaslu Sulsel, apakah memungkinkan permohonan itu ditolak tanpa perlu dimusyawarhkan.

"Tapi rupanya tidak ada jalan menolak pendaftaran permohonan itu dengan cara seperti itu. Akhirnya panwas Makassar tetap bekerja memproses permohonan yang sudah pasti ditolak itu," kata dia.

Menurut Maqbul, hanya persoalan etis dan menghargai pihak Appi-Cicu saja sehingga Panwas Makassar melanjutkan proses permohonan itu hingga ke musyawarah.

"Saya sengaja baru buka informasi ini hari ini karena saya komitmen menyimpan rahasia. Tapi, saya tetap hormat pada Panwas Makassar yang tunjukkan keberpihakannya kepada Tim Appi-Cicu. Kalau Panwas Makassar tidak berpihak ke Appi-Cicu, permohonan ini sudah ditolak sejak bulan lalu," bebernya.

Sebelumnya, Maqbul yang masih tercatat sebagai pengurus DPD Partai Golkar Sulsel tersebut mengkritisi gugatan Appi-Cicu ini karena terkesan tidak bertujuan untuk memenangi sengketa.

Dia bahkan sempat melontarkan kritik pedas bahwa gugatan Appi-Cicu sebagai sikap tak percaya diri melawan incumbent.

Maqbul juga sempat menyebutkan bahwa gugatan ini sepertinya dilakukan tim Appi-Cicu untuk untuk mencairkan anggaran. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help