Ambil Gambar di Google Kini Makin Sulit, Ini Penyebabnya

Dengan dihapusnya tombol ini dari Google, kamu masih tetap dapat mengunjungi sumber gambar dengan tombol kunjungan (visit) yang tersisa.

Ambil Gambar di Google Kini Makin Sulit, Ini Penyebabnya
KOMPAS.COM
Kantor Google di Jakarta 

TRIBUN-TIMUR.COM - Mulai sekarang sepertinya kamu akan susah mengambil gambar dari Google.

Diketahui melalui Twitter (16/2/2018), Google telah menghapus tombol lihat gambar (view images) dari pencarian gambar (image search), yang akan membuat lebih sulit untuk menyimpan gambar berhak cipta secara langsung.

Biasanya setelah koneksi langsung ke versi resolusi tinggi dari gambar yang dipilih, tombol lihat gambar tadi menjadi perhatian bagi fotografer, penerbit dan situs sumber gambar.

Karena memungkinkan orang mengakses versi gambar resolusi tinggi tanpa mengunjungi sumbernya.

Dengan dihapusnya tombol ini dari Google, kamu masih tetap dapat mengunjungi sumber gambar dengan tombol kunjungan (visit) yang tersisa.

Baca: Delay Penerbangan Kini Bisa Diketahui dari Google, Begini Caranya

Ini dilakukan sebagai langkah tambahan yang diharapkan membuat orang mengurangi mencuri materi berhak cipta.

Penghilangan pengambilan gambar ini diakibatkan karena Getty Images mengajukan komplain ke Google karena Google dituding mempraktikkan antikompetisi dalam Google Images.

Getty menuduh Google mendistorsi hasil pencarian dengan memprioritaskan layanan gambar miliknya, sehingga mempersempit pengguna untuk mengakses gambar di Getty Images.

"Karena konsumsi gambar (di Google Images) dilakukan seketika, maka begitu gambar ditampilkan dalam resolusi tinggi dan besar, hanya ada sedikit yang melihat gambar di situs aslinya," tulis Getty dalam pernyataannya di Mashable. (TribunStyle.com/ BGR)

Penulis: Mahyuddin
Editor: Mahyuddin
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved