TribunTimur/

Besok, Ketua MPR dan Tiga Menteri Diskusi Panel di Unhas

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo resmi membuka konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) ke-20 di Baruga AP Pettarani Universitas Hasanuddin

Besok, Ketua MPR dan Tiga Menteri Diskusi Panel di Unhas
MUH ABDIWAN
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya membuka Konfrensi 2018 Forum Rektor Indonesia di Universitas Hasanuddin Jl Perintis Kemerdekaan, Makasssar, Kamis (15/2/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo resmi membuka konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) ke-20 di Baruga AP Pettarani Universitas Hasanuddin (Unhas)kampus Tamalanrea, Kamis (15/2/2018).

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) ke-20 di Baruga AP Pettarani Unhas Tamalanrea, Kamis (15/2/2018).
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) ke-20 di Baruga AP Pettarani Unhas Tamalanrea, Kamis (15/2/2018). (MUH ABDIWAN)

Didampingi oleh Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Ketua FRI Prof Suyatno, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Jokowi menabuh gendang bugis sebagai penanda dibukanya FRI yang tahun ketiga dihadiri oleh Jokowi.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya membuka Konfrensi 2018 Forum Rektor Indonesia di Universitas Hasanuddin Jl Perintis Kemerdekaan, Makasssar, Kamis (15/2/2018)
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya membuka Konfrensi 2018 Forum Rektor Indonesia di Universitas Hasanuddin Jl Perintis Kemerdekaan, Makasssar, Kamis (15/2/2018) (MUH ABDIWAN)

Jokowi sendiri mengahdiri FRI tiga tahun berturut-turut. Pada tahin 2016 di Jogjakarta, 2017 di Jakarta dan 2018 di Makassar. Dan tahun ini konferensi FRI mengangkat tema memperkuat karakter bangsa dalam menghadapi disrupsi peradaban.

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu dalam pidato selamat datangnya untum Jokwi melaporkan keterlibatan Unhas membantu negeri ini mengatasi KLB gizi buruk di Agats Asmat Papua.

"Unhas semakin menggiatkan diri untuk mengambil peran yang konkrit dalam urusan kemaslahatan bangsa dan negara ini. Misalnya keterlibatan langsung Unhas di Agatas,"kata Prof Dwia.

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA selaku tuan rumah konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) ke-20 di Baruga AP Pettarani Unhas Tamalanrea, Kamis (15/2/2018).
Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA selaku tuan rumah konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) ke-20 di Baruga AP Pettarani Unhas Tamalanrea, Kamis (15/2/2018). (MUH ABDIWAN)

Sementara Ketua FRI Prof Suyatno juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan Jokowi membuka FRI. Suyatno juga menerangkan bahwa FRI adalah mitra pemerintah dan tidak partisan dan mengacu kepada kepentingan bangsa dan negara.

Ketua Forum Rektor Indonesia, Prof Dr H Suyatno
Ketua Forum Rektor Indonesia, Prof Dr H Suyatno (MUH ABDIWAN)

"Untuk 2018 ini, FRI fokus terhadap empat hal yang kemudian akan direkomendasikan. Yaitu Pembangunan ekonomi nasional yang berdaulat, berkeadilan, dan menyejahterakan, Penguatan demokrasi Pancasila untuk memperkokoh nasionalisme, Pendidikan tinggi yang mampu meningkatkan daya saing bangsa dan Kepemimpinan nasional yang cerdas dan berkarakter,"kata Kata Suyatno.

Konferensi FRI akan berlanjut Jumat (16/2/2018) besok dengan agenda diskusi panel. Hadir sebagai narasumber Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Menteri Sekertaris Negara Pratikno, Meneteri Keuangan Sri Mulyani dan tentunya menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir.

Sementara usai salat Jumat, agenda konferensi FRI akan dilanjutkan dengan diskusi pararel kedalam lima kelompok.

Halaman
12
Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help